Berita Video

VIDEO PJ Gubernur Hadir di Acara Hari Disabilitas Internasional

Dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional yang bertepatan pada hari ini, Sabtu (3/12/2022), Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta

WARTAKOTALIVE.COM, SAWAH BESAR - Dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional yang bertepatan pada hari ini, Sabtu (3/12/2022), Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono menghadiri sekaligus membuka kegiatan ‘Jakarta Cinta Disabilitas’.

Diketahui, acara tersebut diinisiasi oleh Baznas (BAZIS) DKI Jakarta di Lapangan Banteng, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat.

Kegiatan itu juga merupakan kolaborasi antara Dinas Sosial (Dinsos), Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Polda Metro Jaya, serta perangkat daerah lainnya.

Tujuan kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan awareness terhadap penyandang disabilitas di tengah masyarakat, sehingga mereka dapat memiliki akses yang setara dan berkeadilan dalam pemenuhan kebutuhan dasar hidup.

Program tersebut juga tidak hanya sekadar memberikan bantuan sesaat, tetapi juga sebagai bantuan bagi mereka untuk mandiri, produktif, dan berkarya.

Heru juga berkesempatan untuk menyampaikan apresiasi kepada seluruh kolaborator yang telah menyukseskan acara tersebut.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Baznas (BAZIS) DKI Jakarta, terutama Pak Akhmad Abubakar yang sudah memberikan semangat dan peluang untuk rekan-rekan kita penyandang disabilitas," ujar Heru saat sambutan.

Ia mengatakan, hal tersebut adalah sebuah kolaborasi bersama, termasuk perusahaan yang sudah berinisiasi menerima rekan-rekan disabilitas untuk bekerja.

Heru juga akan mengimbau agar berbagai perusahaan di DKI Jakarta untuk mengamanatkan UU Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

"Melalui Disnakertrans, saya harap bisa mewujudkan hal tersebut, patuh terhadap Undang-Undang. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada tim jajaran BUMD yang berinisiasi untuk bisa menerima penyandang disabilitas untuk bisa bekerja," ucap Heru.

Perlu diketahui, ‘Jakarta Cinta Disabilitas’ merupakan puncak acara dari serangkaian program untuk disabilitas yang telah dilaksanakan oleh Baznas (BAZIS) DKI Jakarta.

Program tersebut di antaranya Distribusi Al Qur’an Braile sebanyak 30 penerima manfaat, Distribusi Murrotal Digital sebanyak 150 penerima manfaat, Bedah Rumah Disabilitas 6 rumah, Pekan Bagi Borong Dagangan 6 pedagang, serta Pelatihan Content Creator sebanyak 20 penerima manfaat dan Graphic Design sebanyak 18 penerima manfaat.

Ketua Baznas (BAZIS) DKI Jakarta, Akhmad Abubakar, menjelaskan bahwa pihaknya juga menyelenggarakan job fair khusus untuk disabilitas yang pertama kali diadakan di Indonesia.

Terdapat 20 perusahaan baik Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) maupun swasta yang siap untuk menyerap tenaga kerja disabilitas.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved