Piala Dunia 2022

Selesai Tukangi Timnas Belgia, Roberto Martinez: Kontrak Saya Habis, Bukan Mengundurkan Diri

Martinez sukses mengantarkan Belgia finis di posisi ketiga pada Piala Dunia 2018 di Rusia. Dia sudah menukangi tim itu selama enam tahun.

Penulis: Yaspen Martinus | Editor: Yaspen Martinus
uefa.com
Karier Roberto Martinez sebagai pelatih Timnas Belgia berakhir, seiring gagalnya Tim Setan Merah lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. 

WARTAKOTALIVE, JAKARTA - Karier Roberto Martinez sebagai pelatih Timnas Belgia berakhir, seiring gagalnya Tim Setan Merah lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

“Itu adalah pertandingan terakhir saya untuk tim nasional,” kata pelatih asal Spanyol itu, usai Belgia bermain imbang 0-0 dengan Kroasia, di Stadion Ahmed bin Ali, Kamis (1/12/2022) malam WIB.

Martinez sukses mengantarkan Belgia finis di posisi ketiga pada Piala Dunia 2018 di Rusia. Dia sudah menukangi tim itu selama enam tahun.

Martinez bahkan mengaku sudah ingin berhenti sebelum Piala Dunia 2022 dimulai.

“Saya selalu bekerja dalam jangka panjang. Saya percaya dengan jangka panjang.

“Sejak 2018, saya memiliki banyak kesempatan untuk pergi dan bekerja di level klub, tapi aku ingin tetap setia.

Baca juga: JADWAL Pertandingan Piala Dunia 2022 Jumat 2 Desember dan Sabtu Dini Hari: Cari Pendamping

“Saya tidak mengundurkan diri. Saya telah mencapai akhir kontrak saya," ujarnya sambil menahan air mata, dikutip dari apnews.

Kepergian Martinez bertepatan dengan kemungkinan berakhirnya 'Generasi Emas' Belgia, yang menghasilkan pemain bintang seperti Kevin De Bruyne, Eden Hazard, Romelu Lukaku, hingga Dries Mertens.

Di bawah asuhan Martinez, Belgia menduduki peringkat nomor satu di rangking FIFA, selama empat tahun, meski tidak pernah memenangkan turnamen besar.

Baca juga: DAFTAR Pencetak Gol dan Assist Piala Dunia 2022 Hingga 2 Desember: Alvaro Morata Naik Kasta

“Saya orang yang suka membangun sesuatu. Saya tiba dengan tugas yang jelas untuk lolos ke Piala Dunia dan berpartisipasi di Piala Dunia."

"Kemudian kami menyelesaikannya dengan medali perunggu, dan saya merasa ingin mencobanya lagi."

“Sungguh menyenangkan bisa membangun warisan yang luar biasa. Saya tahu beberapa orang hanya melihat warisan dengan memenangkan turnamen besar. Saya melihatnya dengan cara yang berbeda,” beber Martinez.

Baca juga: KLASEMEN Akhir Grup E Piala Dunia 2022: Jepang dan Spanyol Melenggang, Jerman Pulang Kampung

Martinez banyak melatih klub di Inggris sebelum dipekerjakan oleh Belgia pada 2016, dan dia hingga kini masih tinggal di Inggris.

Selain tugas kepelatihannya, Martinez juga ditunjuk sebagai direktur teknik oleh federasi sepak bola Belgia pada 2020, yang memberinya lebih banyak tanggung jawab manajerial untuk tim nasional negara tersebut.

“Kami berterima kasih kepada Roberto Martínez atas semua yang dia capai dengan Generasi Emas ini, sebagai pelatih sekaligus direktur teknis."

"Roberto meninggalkan warisan yang sangat besar untuk generasi sepak bola Belgia selanjutnya,” tutur Peter Bossaert, CEO federasi sepak bola Belgia. (*)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved