Piala Dunia 2022

Piala Dunia 2022: Eks Pemain Timnas Ini Sebut Jepang Tampil Apik Berkat Dorongan Eksternal

Jepang lolos sebagai juara Grup E usai meraih poin enam hasil dari dua kali menang atas Jerman dan Spanyol, serta sekali dikalahkan Kosta Rika.

Penulis: Abdul Majid | Editor: Rendy Renuki
FIFA
Eks pemain Timnas Indonesia Widodo C Putro menilai secara permainan Jepang tampil bagus baik saat bertahan dan menyerang di Piala Dunia 2022. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Timnas Jepang tampil mengejutkan di fase Grup E Piala Dunia 2022.

Jepang lolos sebagai juara Grup E usai meraih poin enam hasil dari dua kali menang atas Jerman dan Spanyol, serta sekali dikalahkan Kosta Rika.

Pelatih Bhayangkara FC yang juga eks pemain Timnas Indonesia, Widodo C Putro menilai secara permainan, Jepang tampil bagus baik saat bertahan dan menyerang.

Bahkan, Widodo menyebut anak didik Hajime Moriyasu itu bermain dengan menggunakan hati.

"Mereka negara Asia yang menerapkan permainan modern yang jauh dari negara Asia lainnya. Mereka sudah melihat bagaimana sih pertandingan untuk saat ini, bagaiman mereka bertahan, menyerang dan yang terpenting mereka bermain dari hati," kata Widodo C Putro di Stadion PTIK, Jakarta, Jumat (2/12/2022).

Soal penampilan apik Jepang, Widodo melihat ada faktor lain yang membuat Yoshida dkk. tampil militan baik saat menghadapi Jerman maupun Spanyol.

Widodo menilai peran suporter Jepang yang berada di Qatar sangat mempengaruhi cara pemain Jepang bermain.

Seperti diketahui, suporter Jepang sempat viral lantaran cara mereka yang membersihkan Tribun Stadion dari sisa-sisa makanan dan minuman.

Baca juga: Piala Dunia 2022: WNI Ini Jadi Pelatih Klub Sepak Bola Liga Qatar, Punya Lisensi C UEFA

"Satu hal lagi saya melihat orang-orang Jepang terutama suporter di sana, mereka habis main meskipun waktu itu sempat kalah timnya, suporter tetap membersihkan Stadion," ujar Widodo.

"Nah, hal-hal seperti itu memberikan aura possitif, saya yakin itu. Akhirnya berdampak ke tim semakin kondusif, mereka melihat suporter seperti itu, dan mereka tampil semakin fight. Jadi ada imbasnya ke tim," pungkasnya.

Baca berita Wartakotalive.com lainnya di Google News

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved