Reuni 212

Habib Rizieq Shihab Sempat Ragu Hadiri Reuni 212, Bisa Dipenjara Lagi

Dengan status bebas bersyarat Habib Rizieq Shihab mengaku sempat ragu untuk datang ke acara Reuni 212 di Masjid At-Tin

Akun YouTube IBTV
Habib Rizieq Shihab saat acara Reuni 212 di Masjid At-Tin, TMII, Jakarta Timur, Jumat (2/12/2022). Dengan statusnya yang masih bebas bersyarat Habib Rizieq Shihab mengaku sempat ragu untuk datang ke acara Reuni 212 di Masjid At-Tin 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Habib Rizieq Shihab mengaku sempat ragu untuk datang ke acara Reuni 212 yang digelar di Masjid At-Tin, Jakarta Timur, Jumat (2/12/2022).

Sebab, status Habib Rizieq masih dalam masa pembebasan bersyarat. Sehingga jika ia dianggap melakukan pelanggaran hukum lagi, maka Habib Rizieq akan ditangkap lagi dan mesti menyelesaikan masa hukuman selama setahun ke depan.

"Saya sempat minta pertimbangan kepada pengacara karena status saya masih pembebasan bersyarat (PB). Saya ini PB sampai 10 Juni 2024. Saya undang pengacara, kalau betul saya diundang, apa harus ditolak atau terima," ujar Habib Rizieq di Masjid At-Tin, Jumat (2/12/2022).

Saat berdiskusi dengan pengacara, Rizieq mengaku mendapat pencerahan bahwa dirinya tidak melanggar aturan PB, kecuali ada pelanggaran hukum yang terjadi pada saat acara reuni 212 berlangsung. Terutama jika acara reuni diisi dengan aksi demonstrasi.

"Saya jawab dengan jawaban pengacara. Bukan karena takut, tapi strategi dakwah. Kalau bentuk (reuni) demo, kalian saja yang demo, jangan undang saya. Kalau ibadah, saya pertimbangkan," jelas dia.

Begitu panitia memastikan bahwa acara reuni 212 akan diisi dengan kegiatan shalawat dan ibadah, Rizieq akhirnya memutuskan untuk memenuhi undangan panitia Reuni 212. "Panitia sampaikan ke saya, acaranya berbentuk ibadah. Sudah lapor ke pihak berwajib juga, jadi saya mau hadir ke acara ini," kata Rizieq.

Habib Rizieq Shihah hadiri reuni 212 di Masjid At-Tin ungkap status pembebasan bersyarat yang harus dijalani, Jumat (2/12/2022)
Habib Rizieq Shihah hadiri reuni 212 di Masjid At-Tin ungkap status pembebasan bersyarat yang harus dijalani, Jumat (2/12/2022) (Wartakotalive/Alfian Firmansyah)

Baca juga: Habib Rizieq Terimakasih Tim Gegana Sterilisasi Reuni 212 dari Ancaman Bom

Sebagai informasi, acara reuni 212 telah selesai digelar. Acara tersebut dimulai sejak pukul 03.00 sampai 09.00 WIB.

Ribuan jemaah dari berbagai wilayah di Indonesia datang dan memadati kawasan Masjid Agung At-Tin. Meski acara baru dimulai pukul 03.00 WIB, sejumlah orang sudah datang ke lokasi sejak Kamis (1/12/2022) sore.

Habib Rizieq sebelumnya dinyatakan bebas bersyarat pada 20 Juli 2022. Namun, Habib Rizieq tetap harus menjalani masa percobaan hingga 10 Juni 2024.

Dia tidak boleh melakukan tindak pidana agar status bebas bersyaratnya tak dicabut. Rizieq sebelumnya mendekam di penjara karena tersandung tiga kasus.

Rizieq melakukan pelanggaran karantina kesehatan di Petamburan dan Megamendung, serta penyebaran berita bohong terkait kondisi kesehatannya.

Apresiasi Polri

Habib Rizieq Shihab mengapresiasi jajaran Polri yang telah membantu mengamankan dan melancarkan jalannya acara Reuni 212 di Masjid At-tin, Taman Mini, Jakarta Timur (Jaktim), Jumat (2/12/2022) hari ini.

Terutama kata Habib Rizieq atas hadirnya Tim Gegana ke lokasi Reuni 212 di Masjid At-Tin, untuk melakukan sterilisasi dari ancaman bom.

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved