Penggusuran Sekolah

Pemkot Depok tak Mau Nuruti Kemauan Orangtua Murid, SDN Pocin 1 Digabung dengan 5 Mulai Ajaran Baru

Penggusuran sekolah SDN Pondok Cina 1 (Pocin) buntut pembangunan sebuah masjid, tak berkesudahan. Pemkot Depok berkeras, akan menggabung sekolah itu.

Penulis: Gilar Prayogo | Editor: Valentino Verry
warta kota/gilar prayogo
Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok Wijayanto menyatakan SDN Pondok Cina 1 terpaksa digabung dengan SDN Pondok Cina 5 mulai tahun ajaran baru, karena lahan yang ada hendak dibangun masjid. 

WARTAKOTALIVE.COM, DEPOK - Pemerintah Kota (Pemkot) lewat Dinas Pendidikan akui akan melakukan merger Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pondok Cina (Pocin) 1 dengan SDN Pondok Cina 5.

Merger ini dilakukan setelah SDN Pondok Cina 1 nantinya akan digunakan untuk pembangunan Masjid Agung.

"SDN Pondok Cina 1 dan 5 nantinya akan digabung. Tapi akan tetap menggunakan nama SDN Pondok Cina 1," ucap Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok Wijayanto saat ditemui oleh wartawan di Balai Kota Depok, Pancoran Mas, Rabu (30/11/2022).

Dirinya mengatakan bahwa saat ini murid SDN Pondok Cina 1 akan tetap menumpang untuk Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di SDN Pondok Cina 3 dan 5.

"Sekarang kami akan tetap titipkan murid Pocin 1 di SDN Pocin 3 dan 5. Penggabungan akan dilakukan di ajaran baru," imbuhnya.

"Jadi nantinya murid-murid akan tetap menggunakan nama SDN Pocin 1," sambung Wijayanto.

Menurut Wijayanto, bergabungnya murid SDN Pocin 1 menjadi SDN Pocin 3 maupun 5, nantinya tidak akan berpengaruh secara akreditasi.

Baca juga: Anggota DPRD Kota Depok Ungkap Rencana Relokasi SDN Pondok Cina 1 Sudah Ada Sejak 2015

"Nantinya status akan tetap sama, yaitu Akreditasi A semuanya," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, bahwa orangtua murid SDN Pondok Cina 1, Beji, menolak relokasi anak-anak mereka dilebur dengan sekolah lain, yakni di SDN Pondok Cina 3 dan Pondok Cina 5.

Orangtua siswa SDN Pondok Cina 1 meminta Pemerintah Kota ( Pemkot) Depok untuk tidak langsung menggusur sekolah tersebut tanpa adanya solusi dalam jangka panjang.

Baca juga: Sekolahnya Digusur Pemkot Depok, 69 Siswa SDN Pondok Cina 1 Kini Belajar di Tempat Baru

"Saya sampaikan, kami para orangtua tidak sekalipun menolak penggusuran sekolah ini dan pembangunan masjid, kami justru sepakat akan hal itu," ucapnya kepada wartawan TribunnewsDepok.

"Kalau memang kehendak Pemkot atau Disdik mau melakukan penggusuran terhadap sekolah ini paling tidak bangunkan dulu sekolahnya," sambungnya.

 

Baca berita Wartakotalive.com lainnya di Google News 

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved