Berita Nasional

Mubes II Ikatan Wartawan Online Pusat Digelar, Begini Pesan Iskandar Sitorus untuk Ketua Terpilih

Ikatan Wartawan Online (IWO) menggelar Musyawarah Bersama (Mubes) II di Tangerang pada 2-3 Desember 2022

Editor: Feryanto Hadi
Istimewa
ILUSTRASI Jurnalis 

WARTAKOTYALIVE.COM, TANGERANG-- Organisasi profesi Ikatan Wartawan Online (IWO) menggelar Musyawarah Bersama (Mubes) II.

Pelaksanaan Mubes akan di selenggarakan selama dua hari mulai Tanggal 2 Desember sampai tanggal 3 Desember 2022, di Hotel Istana Nelayan dan Convention jalan Gatot Subroto, Jatiuwung, Kecamatan Cibodas Kota Tangerang Banten, Jawa Barat.

Iskandar Sitorus selaku Ketua Pendiri Ikatan Wartawan Online (IWO) menyebut, dinamika profesi Wartawan atau Jurnalis seiring lompatan teknologi yang luar biasa saat ini dituntut untuk semakin bisa menyesuaikan diri dalam berbagai bidang.

Baik terkait korporasinya maupun individu para Pewarta termasuk utamanya panduan pemberitaan yang terasa sudah sangat tertinggal.

"Akselerasi untuk perubahan itu sangat patut dilakukan supaya bisa menyesuaikan diri sehingga tidak tertinggal baik dengan sesama badan hukum media serta Wartawan terlebih terkalahkan oleh arus informasi dari produk media sosial," ujarnya di Jakarta, Kamis (1/12/2022)

Perkembangan teknologi informasi komunikasi serta kemampuan masyarakat menggunakannya dalam menyebarluaskan sesuatu informasi yang terdekat dilingkunganya menjadi sesuatu tantangan tersendiri.

Baca juga: PWI Larang 20.000 Anggotanya Ikut UKW Lembaga Abal-abal dan Tak Patuhi UU No 40 Tahun 1999

Idealnya kejadian-kejadian di lingkup kehidupan masyarakat yang berimplikasi massif terhadap publik bisa dengan maksimal diketahui untuk kemudian ditulis atau direkam Wartawan online menjadi sesuatu produk jurnalistik.

"Jikalau itu bisa ditatakelola sehingga terwujud dengan baik maka akan semakin luar biasa produk jurnalis yang akan dinikmati oleh publik. Itu sesuatu tantangan yang sangat menjanjikan," ungkap Iskandar

Menurutnya, hal itu mungkin menjadi salah satu pemikiran para Wartawan bersamaan dengan akan dilaksanakannya musyawarah bersama (Mubes) ke-dua para Wartawan online yang tergabung pada organisasi profesi Ikatan Wartawan Onlime (IWO).

Mereka datang dari perwakilan 80 kabupaten kota seluruh Indonesia sekitar 205 orang Wartawan online terdiri dari ketua, sekretaris dari bendahara akan hadir ke Hotel Istana Nelayan Kota Tangerang Jumat dan Sabtu tanggal 3 sampai 4 Desember 2022. Dari dari 24 provinsi Wartawan itu hendak melakukan karya-karya membangun organisasi profesinya.

Baca juga: Sebanyak 33 Pewarta Foto Indonesia Dinyatakan Kompeten Oleh Dewan Pers

Wartawan tersebut terlihat dinamis sebab senyatanya akronim Mubes yang kerap dikenal sebagai musyawarah besar namun bagi mereka diakronimkan menjadi musyawarah bersama.

"Itu adalah salah satu ciri khas atau filosofi tidak mau tersandera dengan model lama. Tanda dinamis," imbuhnya

Seluruh komunitas Wartawan dari berbagai wilayah di Indonesia itu akan melakukan musyawarah dengan harapan menemukan figur-figur pimpinan pusatnya

Ada minimal 5 calon Ketua Umum yang mendeklarasikan diri sebagai calon Ketua Umum.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved