Berita Regional

Ada 18 Juta Orang Kekurangan Air Bersih, Guardian Indonesia Bangun Fasilitasnya di Ciapus, Bandung

Kampanye Global Keeping Kids Clean & Healthy Guardian Indonesia bangun fasilitas air bersih di Desa Ciapus, Kabupaten Bandung.

Penulis: Dodi Hasanuddin | Editor: Dodi Hasanuddin
Istimewa
Ada 18 Juta Orang Kekurangan Air Bersih, Guardian Indonesia Bangun Fasilitasnya di Ciapus, Bandung 

WARTAKOTALIVE.COM, BANDUNG – Ada 18 juta orang kekurangan air bersih, Guardian Indonesia Bangun Fasilitasnya di Ciapus, Kabupaten Bandung.

Sekitar 18 juta orang Indonesia kekurangan air bersih dan 20 juta kekurangan akses ke fasilitas sanitasi yang lebih baik.

Melihat kondisi tersebut, Guardian, ritel modern kesehatan dan kecantikan terkemuka dari PT Hero Supermarket Tbk (HERO Group), mengedukasi masyarakat untuk hidup bersih dan sehat.

Baca juga: Krisis Air Bersih, Para Pengungsi di Desa Cibulakan Ambil Air Kolam Sejauh 2 Kilometer

Selain itu juga membangun fasilitas akses air bersih di Desa Ciapus, Bandung yang dilakukan bersama dengan Save the Children Indonesia, organisasi non-pemerintah yang peduli terhadap anak-anak seluruh dunia.

Program ini sejalan dengan program global “Keeping Kids Clean & Happy” yang dilakukan secara serentak di beberapa negara lainnya.

Peresmian pembangunan akses air bersih dilakukan pada 29 November 2022 di Desa Ciapus, Bandung dan dihadiri oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung, Sumiarso, MAP.

Kemudian Director of Guardian Indonesia, Naresh Kalani, dan Direktur Advocacy Communication Campaign Media & Marketing Communications Save the Children Indonesia, Troy Pantouw.

Kepala Bidang Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung, Sumiarso, MAP mengatakan, untuk menggambarkan keadaan kesehatan suatu lingkungan, ada beberapa indikator yang perlu diperhatikan.

Salah satunya adalah memiliki akses air bersih dan sarana sanitasi dasar.

Kabupaten Bandung telah mendukung program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) berkelanjutan dari pemerintah, berupa penerapan program strategis untuk mendapatkan sanitasi dasar yang layak di Bandung.

Baca juga: Pemprov DKI Jakarta Berkomitmen Penuhi Hak Pokok Penyediaan Air Bersih untuk Warga

Program tersebut fokus pada 5 pilar yaitu Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS), Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), Pengelolaan Makanan dan Minuman Rumah Tangga (PAM-RT); Pengamanan Sampah Rumah Tangga (PS-RT) serta Pengamanan Limbah Cair Rumah Tangga (PLC-RT).

Dalam pelaksanaannya tentu membutuhkan fasilitas air bersih agar kegiatan sanitasi dasar masyarakat berjalan dengan baik. Untuk itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung membuka kemitraan strategis dengan mitra swasta, dalam hal ini Guardian.

"Dukungan, komitmen, kolaborasi, dan sinergi dari seluruh pemangku kepentingan seperti pemerintah, akademisi, komunitas dan swasta diperlukan untuk mewujudkan sanitasi dasar yang layak untuk semua lapisan masyarakat di Bandung,” kata Sumiarso.

Sumiarso menambahkan bahwa pembangunan fasilitas air bersih yang diinisiasi oleh Guardian merupakan bagian dari kampanye global “Keeping Kids Clean & Healthy” yang bertujuan untuk memberikan akses air bersih ke daerah-daerah yang memiliki keterbatasan fasilitas sanitasi.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved