Pilpres 2024

Teka-Teki Airlangga Hartarto Soal Parpol yang Akan Gabung KIB, Piala Dunia Jadi Kata Kunci

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memberi sinyal bahwa akan ada partai politik yang bakal bergabung ke Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Warta Kota/ Alfian Firmansyah
Petinggi ketiga Partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bertemu di kawasan Menteng, Jakpus, Rabu (30/11/2022). Ketum Golkar Airlangga Hartarto menyebutkan akan ada parpol lain yang akan bergabung dengan KIB 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memberi sinyal bahwa akan ada partai politik yang bakal bergabung ke Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

KIB saat ini beranggotakan Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Airlangga melempar kode dan teka-teki bahwa partai yang hendak bergabung ke KIB tersebut memiliki identitas warna serupa dengan warna bola Piala Dunia 2022 dan warna baju yang sering dikenakan Presiden Joko Widodo.

"Warnanya ada yang dipakai oleh kawan kita di sini, dan juga ada juga yang warnanya ada nuansa pakaian yang sering dipakai Bapak Presiden, yang bagian dari bola (Piala Dunia) itu juga," kata Airlangga seusai pertemuan antara elite KIB di kawasan Menteng, Jakarta, Rabu (30/11/2022).

Pertemuan tersebut juga dihadiri oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Plt Ketua Umum PPP Mardiono, Bendahara Umum Partai Golkar Dito Ganinduto, Wakil Ketua Umum PAN Asman Abnur, dan Wakil Ketua Umum PPP Amir Uskara.

Airlangga menyebutkan, bahwa hubungan partai yang tergabung dalam KIB hari ini semakin solid.

Baca juga: Tak Terima KIB Diremehkan, Zulhas Singgung Piala Dunia: Jepang Saja Bisa Kalahkan Jerman

"Dan juga kita sepakat bahwa kita ingin membawa demokrasi ini sebagai sebuah kegiatan ataupun pesta rakyat. Visi misi yang diberi nama PATEN atau program akselerasi transformasi ekonomi nasional, mendapatkan respon publik yang cukup baik, dan itu terus akan kita lengkapi," ucap Airlangga. 

Airlangga menambahkan, seperti yang disampaikan di Sulawesi Selatan, KIB itu masih terbuka. 

Pihaknya saat ini sedang membangun fondasi bangunan, untuk membangun Indonesia. 

Baca juga: Mayoritas Gen Z dan Y Pilih Airlangga Hartarto Jadi Presiden 2024, Pengamat: Peluang Harus Dijaga

"Tentu yang fondasinya kuat dindingnya kokoh, sirkulasi udaranya bagus, dan juga kita berharap bangunannya ini akan diperkuat," tutur Airlangga. 

Bola Piala Dunia 2022 yang diberi nama Al Rihla memiliki warna dominan putih dengan aksen biru dan merah, sedangkan Jokowi kerap kali terlihat mengenakan kemeja putih.

Namun, Airlangga mengaku belum mau mengungkap nama partai yang dimaksud hingga adanya kesepakatan bahwa partai itu tergabung ke KIB. Ia juga tak menjawab gamblang saat dimintai kepastian mengenai partai yang ia maksud.

Baca juga: Airlangga Hartarto Disebut-sebut Paling Banyak Dipilih oleh Para Pelaku Usaha Pada Ajang Pemilu 2024

"Itu terjemahkan sendiri, kode dulu," ujar Airlangga.

Ia menegaskan, KIB masih membuka pintu bagi semua partai yang hendak bergabung dengan koalisi tersebut.

"KIB ini sedang membangun sebuah pondasi bangunan untuk membangun Indonesia, yang fondasinya kuat dindingnya kokoh, sirkulasi udaranya bagus, dan juga kita berharap bangunannya ini akan diperkuat," kata Airlangga.

 

 

 

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved