Syarat Sebelum Menjalani Tindakan Lasik, Siap Mental hingga Wajib Jalani Pralasik

Sejumlah syarat harus dipenuhi oleh mereka yang ingin menjalani lasik untuk mengatasi mata minus dan mendapatkan penglihatan lebih baik tanpa kacamata

Istimewa
(ki-ka) Dr. Dini Hapsari, SpM, Dr. Sophia Pujiastuti, SpM (K), MM, Kombes (Pol) Dr. Henry Albar Wibowo, SpM (K) dari SILC Lasik Center menyebutkan ada sejumlah syarat harus dipenuhi mereka yang ingin menjalani lasik untuk mengatasi mata minus dan mendapatkan penglihatan lebih baik. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Sejumlah syarat harus dipenuhi oleh mereka yang ingin menjalani lasik untuk mengatasi mata minus dan mendapatkan penglihatan lebih baik tanpa menggunakan kacamata atau lensa kontak.

Dokter spesialis mata dari SILC Lasik Center, Kombes (Pol) dr. Henry Albar Wibowo, SpM (K) mengatakan pasien harus menjalani pemeriksaan pralasik sebelum melakukan lasik.

Pemeriksaan pralasik tersebut untuk menentukan kondisi mata yang akan menjalani lasik, mulai dari kornea, lensa, retina dan lain-lain. Begitu pun juga halnya dengan keinginan pasien.

"Kebutuhan pasien mau apa, kita sesuaikan. Misal pengen lepas kacamata karena pekerjaannya itu sekretaris, tentunya kita akan pilihkan yang sesuai keinginan pasien," ujarnya, berdasar keterangan, Rabu (30/11/2022).

Sementara dr. Dini Hapsari, SpM mengingatkan pentingnya mental yang kuat saat memutuskan untuk melakukan lasik. Pasalnya ketenangan dibutuhkan pasien saat dokter melaksanakan proses lasik.

Baca juga: Zulkifli Hasan: Koalisi Indonesia Bersatu Belajar Jangan Merasa Kecil Sebelum Bertanding

"Kalau enggak tenang, lebih baik tunda dulu daripada lasik belum siap mental, hasilnya kurang baik, sudah terlanjur susah diperbaiki. Harus siap mental," ungkap dia.

Selain itu hal lain yang perlu dicatat juga adalah kondisi mata harus dalam keadaan sehat saat akan menjalani lasik atau dengan kata lain mata tersebut tidak ada masalah lain.

Ia juga mengingatkan lasik juga tidak luput dari efek samping atau risiko. Menurut dr. Dini, risiko paling banyak adalah mata kering pada tiga bulan pertama meski kondisi ini perlahan berkurang.

"Kita antisipasinya dengan memberikan artifisial tear drop wajib diberikan di tiga bulan pertama. Kalau pasien nyaman tetes banyak boleh, tapi kalau cukup sesuai dengan yang kita berikan," jelas dr. Dini.

Baca juga: Ulama Ngawi Harap Program Ekonomi Pesantren Bisa Disebarluaskan Tingkat Nasional

Sementara itu SILC Lasik Center memiliki layanan lainnya seperti Smartsurface, ZLasik, Lasik Xtra, PresbyMax Hybrid, RLE (Refractive Lens Exchange) dan Operasi Katarak.

Layanan tersebut, disesuaikan dengan kebutuhan pasien sesuai dengan hasil pemeriksaan pra Lasik tanpa melupakan kemampuan ekonomi dari para pasien.

SILC Lasik Center membuka layanan SmartSight yang menjadi pilihan untuk mengkoreksi kelainan refraksi mengoptimalkan kualitas penglihatan, terbebas dari kacamata dan lensa kontak.

Selain layanan terbaru, SILC Lasik Center juga ditunjang dengan peralatan canggih lainnya yang dioperasikan ke dalam layanan pemeriksaan pra lasik, pascalasik dan operasi katarak.

Baca berita Wartakotalive.com lainnya di Google News.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved