Sudin KPKP Kepulauan Seribu Ungkap Tiga Penyebab Fenomena Ribuan Ikan Naik ke Daratan

Sudin KPKP Kepulauan Seribu mengungkapkan ada sebanyak tiga dugaan penyebab fenomena alam langka ribuan ikan naik ke permukaan darat di Pulau Onrust.

Istimewa
Sudin KPKP Kepulauan Seribu mengungkapkan ada tiga dugaan penyebab fenomena alam langka ribuan ikan naik ke permukaan darat di Pulau Onrust, Kelurahan Pulau Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu. 

WARTAKOTALIVE.COM, KEPULAUAN SERIBU - Fenomena alam langka ribuan ikan naik ke permukaan darat terjadi di perairan Kepulauan Seribu pada Selasa (29/11/2022) kemarin.

Melihat hal itu, Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian ( Sudin KPKP) Kabupaten Kepulauan Seribu lakukan pendalaman.

Menurut Kasudin KPKP Kepulauan Seribu Devi Lidya, pihaknya langsung meninjau Pulau Onrust tempat terjadinya fenomena alam langka itu.

"Di lapangan kami lihat perairannya seperti hijau sejak hari Minggu, sedangkan Sabtu dan beberapa hari sebelumnya air berwarna putih kebiruan," kata Lidya saat dikonfirmasi, Rabu (30/11/2022).

Untuk mengetahui fenomena alam yang terjadi, Dinas KPKP DKI Jakarta telah melakukan pengambilan sampel air dan ikan untuk uji laboratorium.

Baca juga: Fenomena Langka, Ribuan Ikan di Perairan Kepulauan Seribu Naik ke Permukaan Darat, Warga Bungah

Menurut Lidya, hasil diskusi dengan pihak Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) setidaknya ada tiga dugaan penyebab fenomena alam ribuan ikan naik ke permukaan darat.

"Diduga ini proses oksigenasi (kekurangan oksigen pada ikan) sehingga ikan-ikan itu merapat ke pesisir yang kadar oksigen lebih baik dibanding dengan perairan dalam," ungkapnya.

"Bisa juga karena harmful algae blooming, kalau akibat blooming phytoplankton (bisa harmfull) harus dideteksi lebih lanjut dengan pengujian laboratorium," sambungnya.

Tak hanya itu, Lidya menjelaskan perubahan suhu yang signifikan akibat curah hujan atau masuknya air tawar dari muara sungai juga dapat menjadi sebab fenomena alam itu.

Beredar video di media sosial fenomena alam yang memperlihatkan ribuan ikan di perairan Kepulauan Seribu naik ke permukaan darat.

Baca juga: Kasus Tabrak Lari Anak Anggota DPRD Kota Bekasi Ditingkatkan, Polisi Segera Tetapkan Tersangka

Terlihat dalam video berdurasi 30 menit, ribuan ikan itu saling lompat dari permukaan air laut ke daratan sehingga memenuhi  dermaga.

Fenomena alam yang tak biasa itu diketahui terjadi di pesisir Pulau Onrust, Kelurahan Pulau Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu.

Tak mau melewatkan momen langka itu, seorang warga merekam ribuan ikan yang sudah terdampar di daratan dengan ponselnya.

"Waduh, panen, panen, panen!," teriak kegirangan perekam video seperti yang dikutip wartakotalive.com pada Rabu (30/11/2022).

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved