Berita Jakarta

Rawan Kecelakaan Kerja, Ratusan Pasukan Oranye Jakarta Utara Ikuti Pembekalan K3

Ratusan pekerja Penanganan Prasarana dan Sarana Umum Jakarta Utara ikuti pembekalan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Kominfotik Jakarta Utara
Petugas PPSU Jakarta Utara ikuti penyuluhan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Balai Yos Sudarso, Kantor Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara. 

Rawan Kecelakaan Kerja, Ratusan Pasukan Oranye Jakarta Utara Ikuti Pembekalan K3

WARTAKOTALIVE.COM, TANJUNG PRIOK - Ratusan pekerja Penanganan Prasarana dan Sarana Umum atau PPSU Jakarta Utara atau yang dikenal dengan pasukan oranye ikuti pembekalan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Pembekalan K3 tersebut dilaksanakan secara bertahap selama dua hari pada Rabu (30/11/2022) dan Kamis (1/12/2022) di Balai Yos Sudarso, Kantor Walikota Kota Administrasi Jakarta Utara

Menurut Sub Koordinator Urusan Bina Pemerintahan, Bagian Pemerintahan Setko Administrasi Jakarta Utara, Yogara Fernandez, pembekalan K3 sesi pertama diikuti oleh petugas PPSU dari kecamatan Cilincing, Koja, dan Kelapa Gading.

"Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 30 November hingga 1 Desember 2022 yang dibagi menjadi dua gelombang. Hari pertama, pesertanya adalah pekerja PPSU dari wilayah Kecamatan Cilincing, Koja, dan Kelapa Gading kemudian di hari kedua akan dihadiri perwakilan PPSU dari wilayah Kecamatan Tanjung Priok, Pademangan, dan Penjaringan," kata Yoga.

Dalam pelaksanaannya, petugas PPSU mendapatkan materi dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (BPSDM PUPR). 

"Untuk materi yang diberikan lebih kepada Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) mengingat beberapa kali ada kasus kecelakaan kerja yang dialami rekan-rekan PPSU," ungkapnya.

"Mudah-mudahan melalui materi ini bisa memberikan mereka pemahaman terkait penggunaan APD dan mekanisme kerja yang aman sehingga dapat meminimalisir terjadinya risiko kecelakaan kerja," sambungnya.

Baca juga: Pimpin Apel Upacara Bulan K3 Nasional, Ganjar Ingatkan Pentingnya Edukasi Keselamatan Kerja

Yoga pun mengapresiasi para pekerja PPSU karena mereka selalu ada dalam berbagai kegiatan masyarakat dan semua pekerjaan dapat ditangani dengan baik.

"Mereka itu diibaratkan seperti palu gada yang semuanya bisa dikerjakan baik itu membantu bedah rumah, membantu penanganan bencana alam, dan lainnya. Sebenarnya, area kerja sudah diatur dalam Pergub Provinsi DKI Jakarta namun pada prakteknya di lapangan semua hal-hal yang belum tertangani oleh unit teknis juga bisa dikerjakan oleh PPSU," ungkapnya.

Seorang peserta yang merupakan pekerja PPSU Kelurahan Semper Barat, Muhammad Syakirin mengaku senang dapat mengikuti pembekalan K3.

Pasalnya, Syakir dan rekan-rekannya mendapatkan pemahaman untuk menjaga keselamatan saat bertugas di lapangan sehingga dapat meminimalisir kecelakaan kerja.

Baca juga: Banjir 1 Meter di Cawang Sudah Surut, Warga dan PPSU Bersihkan Endapan Lumpur

"Pada pelatihan kali ini, kita mendapatkan bimbingan yang bisa menambah wawasan sehingga akan lebih berhati-hati lagi dalam melaksanakan tugas di lapangan," kata Syakir.

"Kalau untuk kendala pekerjaan di lapangan biasanya saat membongkar saluran penutup karena kebanyakan warga menggunakan penutup permanen dan kita sulit membukanya," pungkasnya. (m38)

 

Baca berita Wartakotalive.com lainnya di Google News

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved