Universitas Indonesia

Rangkul Pemkot Depok, SKSG UI Lanjutkan Kampanye Program Smart Green 2022 di SMA DKI Jakarta

Sekolah Kajian Stratejik dan Global, Universitas Indonesia melanjutkan Kampanye Program Smart Green 2022.

Penulis: Dodi Hasanuddin | Editor: Dodi Hasanuddin
Istimewa
Rangkul Pemkot Depok, SKSG UI Lanjutkan Kampanye Program Smart Green 2022 di SMA DKI Jakarta 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA  - Rangkul Pemkot Depok, SKSG UI Lanjutkan Kampanye Program Smart Green 2022 di SMA DKI Jakarta

Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia (SKSG UI) bulan November ini melaksanakan acara puncak serangkaian kegiatan pengabdian masyarakat Program Kampanye Smart Green.

Dr. Lin Yola, Dosen SKSG UI yang memimpin tim pengabdian masyarakat ini  mengatakan, sebagai bagian aksi agenda mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, program ini mensosialisasikan pentingnya pemahaman dan kesadaran gaya hidup hijau di kalangan masyarakat.

Baca juga: Dukung Literasi Digital, EVOS Esports Jalin Kerja Sama dengan Fakultas MIPA Universitas Indonesia

Selain sudah menerapkan gerakan hijau di lingkungan kampus, inisiasi gerakan ini juga diakukan di luar kampus dalam bentuk pengabdian, walaupun masih perlu keterlibatan yang lebih holistik dan berkelanjutan.

Kampanye Smart Green merupakan aksi sivitas akademika dalam mengupayakan penerapan gaya hidup hijau yang bukan hanya ramah lingkungan tetapi juga cerdas baik di lingkungan kampus maupun luar kampus.

Kampanye ini sudah dimulai dari tahun 2021 yang merangkul pihak kampus SKSG UI dan UCSI University Malaysia sebagai akademisi.

Kemudian dua pemerintah daerah yaitu Pemerintah Kota Depok dan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara.

Kedua pemerintah daerah ini sebagai role model pengambil kebijakan yang menerapkan konsep Smart Green, NGO pegiat lingkungan, dan beberapa International Schools Jakarta sebagai peserta.

Tahun ini, Tim Kampanye Program Smart Green SKSG UI kembali mengusung Program Smart Green ini sebagai tindak lanjut kampanye tersebut dengan terjun langsung kepada target mitra Sekolah Menengah Atas dalam mendampingi penerapan konsep Smart Green di lingkungan sekolah.

SMAN 70 Jakarta dipilih sebagai target mitra. Di samping SMAN 70 Jakarta aktif sebagai peserta Kampanye Smart Green 2021.

Kepala Sekolah SMAN 70 Jakarta, Dr. Ratna Budiarti, M.Biomed, bersama  Desi Purnama Kurniawati ,SPd, MM. mengatakan, SMAN 70 Jakarta sudah menerapkan beberapa program dan kegiatan ramah lingkungan yang cerdas.

Sehingga kegiatan ini akan dapat memperkuat pelaksanaan konsep gaya hidup smart green di kalangan aktor sekolah dan menjadi contoh bagi sekolah menengah atas lainnya di Jakarta.

Baca juga: Universitas Indonesia Gelar Pengmas Tingkatkan Kemampuan Digital Marketing UMKM di Sumedang Selatan

Pada acara puncak kampanye Program Smart Green 2022 yang didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ini.

Tim SKSG UI yang terdiri dari dosen-dosen, mahasiswa paska sarjana dan tenaga kependidikan  melaksanakan tiga kegiatan utama; sharing kampanye pelaksanaan konsep smart green, pengadaan teknologi smart green, dan aksi penghijauan.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved