Memilih Damai

Guru Besar UIN Raden Fatah: Generasi Z dan Generasi Milenial Penentu Kemenangan Pilpres 2024

Prof Drs HM Sirozi PhD, akademisi dan pengamat politik Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang, bicara Generasi Z pada Pilpres 2024. 

Editor: Suprapto
Tribunsumsel
Prof Drs HM Sirozi PhD, akademisi dan pengamat politik Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang, bicara Generasi Z pada Pilpres 2024.  

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA-- Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang Prof Drs HM Sirozi PhD mengingatkan pentingan Generasi Z pada Pemilu 2024.

Siapapun calon presiden yang bersaing di Pemilu 2024 atau Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 jangan sampai mengabaikan kelompok pemilih pemula yaitu Generasi Z.

Demikian disampaikan  HM Sirozi dalam talkshow 'Memilih Damai, Membaca Suara dari Daerah: Sumatera', beberapa waktu lalu.

Dilihat dari pemilih pemula atau generasi Z yaitu anak muda yang usia antara 17 sampai 23 tahun, lalu ada namanya generasi milenial itu usia 24 sampai 39 tahun, yang merupakan generasi yang dibesarkan pada era digital. 

Baca juga: Duet Prabowo-Erick Thohir Dinilai Ideal dan Makin Mantap Bertarung di Pilpres 2024

"Pemilih pemula sekarang ini saya kira memang akan akan punya satu karakter yang berbeda, dan selera politik yang juga berbeda, tapi sebelumnya kita harus melihat secara kuantitatif," kata Sizori.

 Dia menambahkan, "Kalau saya baca data dari statistik generasi Z itu merepresentasikan 28 persen dari penduduk kita dan generasi milenial itu merepresentasikan 24 persen , sehingga kalau dikombinasikan merepresentasikan hampir 58. Ini sangat menentukan."

Dua kelompok generasi tersebut bisa dikatakan sebagai generasi internet atau generasi yang hidup pada era internet.

Artikel ini telah tayang di TribunSumsel.com dengan judul Akankah Capres 2024 Mendadak Gaul Demi Raih Suara Gen Z dan Millenial, Prof Sirozi Ingatkan Hal ini  Penulis: Arief Basuki Rohekan | Editor: M. Syah Beni

Sumber: Tribun Sumsel
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved