Berita Jakarta

Dinas LH Jakarta Timur Tangkap 20 Orang Ketahuan Buang Sampah Sembarangan, Langsung Kena Denda

Hasil OTT Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Timur, sebanyak 20 orang ketahuan buang sampah sembarang di Jalan

Instagram @jakartatimur
Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta bersama Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Timur menggelar Operasi Tangkap Tangan (OTT) warga yang membuang sampah sembarangan di Jalan Raya Bogor, Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur 

WARTAKOTALIVE.COM JAKARTA -- Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta bersama Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Timur menggelar Operasi Tangkap Tangan (OTT) warga yang membuang sampah sembarangan di Jalan Raya Bogor, Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur.

Dilansir akun Instagram resminya @kotajakartatimur, sebanyak 20 warga tertangkap tangan membuang
sampah sembarangan di pinggir jalan raya tersebut.

Para pelanggar ini langsung dibawa ke posko untuk didata dan diberikan sanksi denda administrasi maksimal Rp 500.000.

Kepala Seksi Peran Serta Masyarakat dan Penataan Hukum Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Timur, Latifah Hanum mengatakan program Pengawasan dan Penindakan (Wasdak) atau Operasi Tangkap Tangan (OTT) pembuangan sampah sembarangan merupakan program dari Dinas Lingkungan Hidup.

Baca juga: Pemkot Jakarta Timur Larang PKL Dagang di Sepanjang Jalur KBT, Kerap Buang Sampah Sembarangan

"Sebagai pelaksanaan tugas kita, untuk kebersihan lingkungan. Ini juga salah satu arahan Bapak PJ Gubernur dan ini bukan fase sosialisasi lagi, tetapi ini sudah masuk ke fase penindakan bagi pelanggar yang membuang sampah sembarangan," ucap Latifah dikutip dari akun Instagram @kotajakartatimur, Rabu (30/11/2022).

"Ada 20 pelanggar yang kita berikan penindakan berupa denda administrasi maksimal 500 ribU rupiah. Denda ini berdasarkan Perda 3 Pasal 130 ayat 1B tentang membuang sampah tidak pada tempat yang ditetapkan" imbuhnya.

"Dengan kami lakukan Wasdak ini saya ingin warga mendapat kan efek jera untuk tidak membuang sampah sembarangan, dan warga yang sudah ditindak agar bisa memberikan edukasi ke teman atau keluarga nya untuk tidak membuang sampah sembarangan," tutup dia.

Pengawasan dengan drone 

Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta menjelaskan keberlanjutan Operasi Tangkap Tangan (OTT) menggunakan drone, bagi masyarakat yang membuang sampah sembarangan.

Diketahui, OTT tersebut telah berlangsung pada Minggu (6/11/2022) pagi hingga siang hari.

"Itu dendanya diskresi petugas pengawas di lapangan. Jadi kayak kemarin, ada empat orang itu enggak bawa uang sama sekali," ujar Kepala Seksi Humas Dinas LH DKI Jakarta, Yogi Ikhwan saat dihubungi, pada Senin (7/11/2022).

Yogi menjelaskan, saat itu pihaknya memberikan sanksi sosial berupa membuang atau memungut sampah sepanjang 200 meter.

Baca juga: Video Porno 16 Menit Diperankan Sepasang Kekasih, Pemeran Wanita Kenakan Kebaya Merah karena Fantasi

Sementara itu tidak ada larangan bagi mereka (yang melanggar) untuk berkunjung kembali. Lebih lanjut ia menginformasikan denda yang terkumpul akan disetorkan ke khas daerah.

"Itu nanti dianggap sejenis retribusi. Jadi enggak dipegang petugas, dimasukkan ke khas daerah," ucap Yogi.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved