Pemilu 2024

Survei Charta Politika Sebut PDI Perjuangan Bisa Ditinggal Pemilih jika Tidak Usung Ganjar

Salah satu simulasi yang berjudul 'Dukungan Terhadap PDIP dan Ganjar Pranowo' menunjukkan bahwa PDIP berpotensi ditinggalkan pemilihnya

Editor: Ahmad Sabran
tribunnews.com
Yunarto Wijaya pimpinan Charta Politika 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA- Berdasarkan hasil survei nasional Charta Politika Indonesia, nama Ganjar Pranowo lebih unggul daripada Anies Baswedan dalam elektabilitas nama tokoh yang akan maju di Pilpres 2024.

 
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo masih memimpin.

"Ganjar Pranowo masih ada di peringkat pertama dengan angka 32,6 persen," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya, melalui pertemuan daring, Selasa (29/11/2022).

Sementara Anies Baswedan 23,1 persen dan Prabowo Subianto 22 persen.

Salah satu simulasi yang berjudul 'Dukungan Terhadap PDIP dan Ganjar Pranowo' menunjukkan bahwa PDIP berpotensi ditinggalkan pemilihnya apabila tak mengusung Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo sebagai capres 2024.

"Sebanyak 31 persen responden pemilih PDIP dan Ganjar Pranowo menyatakan tidak akan memilih PDIP jika Ganjar Pranowo tidak dicalonkan oleh PDIP," kata Yunarto.

Baca juga: Gibran Rakabuming Trauma setelah Dicium Mesra Pria Berkumis di Acara Temu Relawan Jokowi

Dalam simulasi yang sama, Yunarto menyebut mayoritas pemilih Ganjar Pranowo akan tetap memilih Gubernur berambut putih itu apabila tidak diusung PDIP sebagai capres 2024.

Hanya sekitar 5 persen responden yang enggan memilih Ganjar apabila tidak diusung PDIP.

"Sebanyak 87,5 persen responden pemilih PDIP dan Ganjar Pranowo menyatakan tetap memilih Ganjar Pranowo meskipun tidak dicalonkan oleh PDIP," kata Yunarto.

Yunarto menjelaskan, simulasi ini melibatkan 200 orang responden yang mengaku memilih PDIP dan Ganjar Pranowo.

Sementara dalam simulasi lain yang melibatkan 398 responden pendukung Ganjar, mantan anggota DPR RI itu pantas menjadi capres Golkar apabila tidak diusung PDIP.

Baca juga: Prasetyo Edi Marsudi Yakin Jabatan Wali Kota dan Bupati di Jakarta Bakal Tetap Ada

"Responden yang menyatakan memilih Ganjar Pranowo, 22.9 persen menyatakan jika Ganjar Pranowo tidak dicalonkan oleh PDIP sebagai calon Presiden sebaiknya maju melalui dukungan Partai Golkar," kata Yunarto.

Survei Charta Politika Indonesia ini melibatkan 1.220 responden melalui wawancara tatap muka yang dilaksanakan pada 4-12 November 2022.

Margin of error dalam survei ini lebih kurang 2,83 persen dengan quality control sebanyak 20 persen dari total sampel.

Baca berita Wartakotalive.com lainnya di Google News.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Survei Charta Politika: Nama Ganjar Pranowo Unggul Jauh Daripada Anies Baswedan

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved