Kecelakaan Helikopter

21 Serpihan dari Helikopter Hilang Kontak di Perairan Bangka Belitung Ditemukan

Berikut ini fakta-fakta helikopter hilang kontak di perairan Bangka Belitung, Minggu (27/11/2022).

Istimewa
Sejumlah item atau objek yang ditemukan dari Helikopter NBO 105 registrasi P-1103 oleh Tim SAR Gabungan pada pencarian hari kedua, dikumpulkan di Posko SAR Burung Mandi, Kecamatan Damar, Kabupaten Belitung Timur, Selasa (28/11/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, BANGKA BELITUNG - Salah satu kru helikopter hilang kontak di perairan Belitung sudah ditemukan, selain itu ada 21 serpihan lainnya. 

Seperti diketahui, Helikopter NBO 105 miliki Baharkam Polri dipastikan jatuh di perairan Belitung.

Satu orang dari empat kru helikopter ditemukan dalam kondisi tak bernyawa.

Helikopter NBO 105 milik Korps Polairud Baharkam Polri hilang kontak di perairan Belitung Timur, Minggu (27/11/2022) sekitar pukul 14.40 WIB dengan ketinggian 3.500 feet.

Posisi hilang kontak helikopter tersebut adalah di Perairan Buku Limau, Manggar dengan jarak 30 NM atau 55,56 KM dari ARP Bandara HAS Hanandjoeddin Tanjungpandan.

Serpihan helikopter dengan nomor registrasi P-1103 tersebut ditemukan tim SAR gabungan menyusul ditemukannya salah satu kru helikopter yakni mekanik teknisi Bripda Khoirul Anam pada Senin (28/11/2022).

Baca juga: Helikopter Polri Hilang Kontak di Bangka Belitung, Kapolri Ungkap karena Cuaca Buruk

Kapolda Bangka Belitung, Irjen Pol Yan Sultra melalui Kabid Humas Polda Bangka Belitung, Kombes Pol Maladi menyampaikan bahwa informasi yang mereka dapatkan, serpihan helikopter sudah ditemukan tim SAR gabungan, Senin (28/11/2022) pukul 09.00 WIB.

"Serpihan yang ditemukan berupa satu buah tas ransel warna hitam berisikan pakaian, tangki dan serpihan lainnya di perairan Burung Mandi," kata Kombes (Pol) Maladi kepada Bangkapos.com di Mapolda Babel, Senin (28/11/2022).

Diketahui, helikopter itu terbang dalam rangka melaksanakan kegiatan ferry flight dari Polda Kalimantan Tengah menuju Mako Ditpoludara Korpolairud Baharkam Polri.

Empat kru dalam helikopter tersebut yakni Capt pilot AKP Arif Rahman Saleh, Co pilot Briptu Lasminto, Mekanik Teknis Bripka Joko Mudo dan Mekanik Teknis Bripda Khoirul Anam.

Berikut rangkuman fakta yang dihimpun Bangka Pos:

1. BMKG Pantau Adanya Awan Cumulonimbus Saat Kecelakaan Terjadi

Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas 1 Depati Amir (BMKG) Pangkapinang, Kurniaji mengatakan, kondisi cuaca saat peristiwa diduga hilang kontaknya helikopter milik Polri BO-105 P 1103 pada Minggu (27/11/2022) kemarin sedang tidak bagus.

Saat peristiwa terjadi di antara pukul 13.15 WIB Minggu kemarin, banyak terdapat awan-awan Cumulonimbus (Cb) yang terbentuk di wilayah Tanjungpandan dan sekitarnya, terutama di posisi antara Buku Limau dengan Manggar Belitung Timur (Beltim).

Halaman
1234
Sumber: Bangka Pos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved