Layanan Bike Sharing Warisan Anies Baswedan Terbengkalai Akibat Kesulitan Pendanaan

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan layanan bike sharing yang sekarang terbengkalai akibat operator kesulitan pendanaan.

Warta Kota/Leonardus Wical Zelena Arga
Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan layanan bike sharing yang sekarang terbengkalai akibat operator kesulitan pendanaan. 

WARTAKOTALIVE.COM, GAMBIR - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo angkat suara terkait layanan sewa berbagi sepeda atau dikenal dengan bike sharing yang terbengkalai.

"Jadi kan kami sudah melakukan uji coba sejak 2020. Kemudian, ternyata kami masih menunggu terbitnya regulasi," ujar Syafrin saat ditemui di Balai Kota DKI Jakarta, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Senin (28/11/2022).

Syafrin menjelaskan sebetulnya ada Pergub Nomor 36 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Penyewaan Sepeda Terintegrasi Angkutan Umum Massal. Namun hasil evaluasi rekan-rekan operator ternyata kesulitan pendanaan.

"Adanya regulasi tersebut, tentu kami akan melakukan koordinasi dengan stakeholder," ucap Syafrin.

Selain itu, pihaknya juga tengah mengajak investor untuk pengembangan bike sharing tersebut.

Baca juga: Berikan Rasa Nyaman, Heru Budi Hartono Perintahkan Anak Buah Percantik Pasar di Jakarta

Syafrin mengaku telah berkoordinasi dengan beberapa operator baru yang berminat untuk pengelolaan bike share. Ia pun mengklaim evaluasi yang dilakukan terhadap bike sharing adalah cukup mumpuni dan bagus.

"Hanya saja itu tadi, kondisi sepeda-sepedanya kan harus dirawat setiap hari," kaya Syafrin.

Syafrin pun tidak menyangkal apabila kondisi sepeda yang sudah mulai rusak itulah membuat berkurangnya peminat bike sharing.

Diberitakan sebelumnya, layanan sewa berbagi sepeda atau yang dikenal dengan bike sharing terbengkalai. Diketahui, program layanan bike sharing tersebut telah ada sejak Anies Baswedan memimpin DKI Jakarta.

Berdasarkan pantauan Warta Kota di beberapa titik khususnya di depan M Bloc Space, Jakarta Selatan dan di depan Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, tampak layanan tersebut tidak ada peminatnya.

Baca juga: PKS Heran Penghapusan Wali Kota dan Bupati di Jakarta Diungkap Bappenas, Bukan Mendagri

Sementara itu, sejumlah sepeda yang berada di beberapa titik lokasi juga tampak tidak terawat lagi. Menanggapi hal tersebut, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengaku belum mengetahuinya.

"Masak iya? Saya malah belum tahu," ujar Heru saat ditemui usai sidak di Kantor Kelurahan Petogogan, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (25/11/2022).

Dilansir dari Kompas.com, sepeda untuk layanan sewa berbagi atau bike sharing di sejumlah titik DKI Jakarta kini terbengkalai.

Salah satunya adalah bike sharing di kawasan Taman Menteng, Jakarta Pusat. Sebanyak 12 unit sepeda diparkir dengan kondisi tak terawat.

Cat berwarna merah beberapa sepeda itu telah memudar akibat paparan sinar matahari hingga guyuran hujan.

Selain itu, bodi besi sepeda juga terlihat berkarat. Hal tersebut semakin terlihat bahwa layanan bike sharing sangat tidak terawat.

Kemudian, masyarakat yang lalu lalang melintasi di kawasan tersebut juga tampak tidak tertarik menggunakan layanan bike sharing. (m36)

Baca berita Wartakotalive.com lainnya di Google News.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved