Berita Regional

Kaldera Toba Marathon IA-ITB 2022 Promosikan Danau Toba Jadi Destinasi Kelas Dunia

Event lari terbesar di Toba ini diikuti 1.400 pelari dari berbagai daerah di Indonesia.

Editor: Feryanto Hadi
ist
Event Kaldera Toba Marathon IA-ITB 2022 sukses digelar 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA-- Untuk pertama kalinya di Kabupaten Toba digelar Kaldera Marathon Festival Tahun 2022 dan berjalan sukses.

 Kaldera Toba Marathon IA-ITB 2022 yang merupakan event lari terbesar di Toba ini diikuti 1.400 pelari dari berbagai daerah di Indonesia.

Lari marathon yang dilombakan terdiri dari 4 kategori, yakni Full Marathon sepanjang 42 km, Half Marathon 21 km, lari 10 km dan 5 km.

Acara ini disupport juga oleh Event Organizer Beyond Run.

Namun sebelum pelari marathon dilepas, secara bergantian Ketua Umum Ikatan Alumni ITB (IA-ITB) Gembong Primadjaja, Ketua Gaja Toba Budi Situmorang, Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayep, Dandim 0210/TU Letkol Inf Hari Sandra, Kajari Toba Samsul Kasim,  menyampaikan terimakasih atas antusiasme masyarakat dan pelajar mengikuti Kaldera Marathon Festival tersebut.

Baca juga: VIDEO Demi Promosikan Danau Toba, Bastian Steel Langsung Mau Terima Tawaran Film Nariti

“Keindahan Danau Toba tidak bisa dipungkiri lagi akan segera menjadi primadona baru destinasi kunjungan wisata di Indonesia dan dunia. Pemerintah Indonesia memberikan perhatian dan dukungan penuh untuk terwujudnya hal ini."

"Hal ini akan segera terwujud dengan peran serta aktif semua elemen masyarakat dalam mengangkat citra dan mempromosikan Danau Toba dan sekitarnya,” ujar Ketua Umum IA-ITB Gembong Primadjaja melalui keterangan tertulis, Senin (28/11/2022)

“Untuk itu, kami Ikatan Alumni ITB bersama-sama dengan Perkumpulan Gaja Toba Semesta, didukung oleh Badan Pengelola Otorita Danau Toba dan Pemerintah Kabupaten Toba Sumatera Utara menyelenggarakan kegiatan Kaldera Toba Run dengan melibatkan banyak pihak dan menampilkan keindahan alam yang mendorong menggiatnya pariwisata dan banyaknya peliputan dan publikasi di media lokal maupun internasional,”tambahnya.

Baca juga: Jadi Tuan Rumah F1H20, Luhut Binsar Pandjaitan Optimis Danau Toba jadi Seperti Mandalika

Start dari depan Kantor Bupati Toba, ribuan runners akan menjajal jalanan Toba yang disuguhi pemandangan alam nan indah.

Panitia acara dipimpin oleh Ketua Umum Himmel Sihombing, dan Ketua Pelaksana Thamar Hutapea, serta Koordinator Operasional Ecko Manalu yang seluruhnya merupakan anggota dari IA-ITB dan Gaja Toba.

Kepada peserta Panitia berpesan agar mengutamakan keselamatan, menjaga stamina dan tidak memaksakan diri, bilamana tidak mampu lagi sampai di garis finish agar menghubungi nomor kontak panitia yang sudah disematkan di masing-masing nomor urut dada peserta
mengingat rute yang dilintasi pelari ada menurun dan mendaki.

Beberapa rute yang dipilih panitia juga berada di obyek wisata Kabupaten Toba, antara lain Bukit Singgolom, Lumban Silintong dan Lumban Bulbul.

Bupati Toba, Poltak Sitorus didampingi Wakil Bupati Tonny Simanjuntak dan Ketua Panitia mengaku bahwa Kaldera Toba Marathon Festival 2022 tersebut terselenggarakan berkat kerjasama Pemerintah Kabupaten Toba dengan Ikatan Alumni ITB, Gaja Toba, IT DEL dan Caldera Toba dengan sponsor, PT Inalum, PT Toba Pulp Lestari, BCA dan lainnya.

Selesai sambutan dan arahan, secara berurutan, keberangkatan peserta lari marathon dilepas diiringi tarompet dari komunitas Sangkakala Toba.

Baca juga: Ditinjau Presiden Jokowi, Sarhunta di Pulau Samosir Siap Terima Wisatawan Danau Toba

Pelepasan diawali kategori Full Marathon (FM) sepanjang 42 km yang dilepas Ketua Umum Ikatan Alumni ITB Gembong Primadjaja bersama Ketua BODT Jimmi Panjaitan.

Disusul kategori Half Marathon (HM) sepanjang 21 km, Kategori 11 km, dan Kategori 5 km.

Setelah pelari tiba di garis finish, sembari beristirahat acara dilanjut hiburan yang menyuguhkan artis-artis lokal Kabupaten Toba.

Tak luput, Bupati Toba bersama Kapolres Toba dan Dandim 02/TU menyajikan beberapa lagu dan kuis.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved