Berita Jakarta

Hari Menanam Pohon Indonesia, Alfamart Ajak Anak-anak di Pesanggrahan Cintai Bumi Sejak Dini

Selain tanam pohon, kegiatan lainnya yaitu Dongeng Anak dibawakan dengan apik oleh Kak Deni selaku Praktisi Literasi dan Pendongeng

Editor: Feryanto Hadi
ist
Sejumlah anak menanam sayuran pada kegiatan yang digelar Alfamart di Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Minggu (28/11/2022) 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA-- PT. Sumber Alfaria Trijaya tbk, pengelola jaringan minimarket Alfamart mengadakan kegiatan bertajuk “Cerita Sahabat Bumi” di Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan pada Minggu (27/11).

Di dalamnya meliputi aktivitas menanam benih pohon dan mendongeng berkolaborasi dengan Taman Bacaan Gema Cipta.

Aksi peduli lingkungan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia dan juga Hari Dongeng yang jatuh di hari yang sama tanggal 28 November.

Berbeda dengan kegiatan menanam pohon yang sudah dilakukan sebelumnya, kali ini Alfamart melibatkan puluhan anak-anak.

Tujuannya untuk mengajak dan memberikan edukasi kepada mereka akan pentingnya menjaga kelestarian dan keseimbangan alam dengan aksi nyata.

Baca juga: Ada Pohon Natal Raksasa Hadirkan Suasana Natal Ala Eropa di Mal Aeon Sentul City Bogor

Baca juga: Gelar Program Petik Masak, Warga Lubang Buaya Tanam 400 Pohon Cabai

Alfamart mengadakan kegiatan bertajuk “Cerita Sahabat Bumi” di Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan pada Minggu (27/11)
Alfamart mengadakan kegiatan bertajuk “Cerita Sahabat Bumi” di Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan pada Minggu (27/11) (Ist)

“Edukasi sejak dini ini sangat penting kita ajarkan kepada mereka tentang bagaimana cara bercocok tanam walaupun di lahan sempit ataupun menanam pohon untuk mencegah banjir,” ujar Rosyido, Branch Manager Alfamart Cabang Parung melalui keterangannya.

Selain tanam pohon, kegiatan lainnya yaitu Dongeng Anak dibawakan dengan apik oleh Kak Deni selaku Praktisi Literasi dan Pendongeng yang tampil bersama Boneka Celo.

Melalui cerita dongeng “Persahabatan Pohon dan Celo”, semakin menanamkan dan mengajarkan anak-anak tentang rasa cinta kepada lingkungan hidup.

Aktivitas mendongeng diyakini mampu menjadi sarana efektif dalam memberikan pengajaran dan pembelajaran yang akan berimbas pada pembentukan karakter anak.

Baca juga: Program Bercocok Tanam di Sekolah, Upaya Pemuda Tani Indonesia Jaga Keberlanjutan Ilmu Pertanian

Menurut Rosyido, kegiatan bercocok tanam dan mendengarkan cerita dongeng ini dapat sedikit memberi jeda bagi anak-anak ditengah gempuran digitalisasi dan penggunaan gadget yang sudah tidak bisa lagi terhindarkan.

Seperti diketahui, berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2008, tanggal 28 November ditetapkan sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan bulan Desember sebagai Bulan Menanam Pohon Nasional (BMPN).

Pencanangan HMPI dan BMPN dimaksudkan untuk memberikan kesadaran dan kepedulian kepada masyarakat tentang pentingnya pemulihan kerusakan sumber daya hutan dan lahan melalui penanaman pohon.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved