Gempa Bumi

Bertemu Pengungsi Gempa Bumi di Cianjur, Zulkifli Hasan Beri Bantuan Uang Tunai Rp 500 ribu per KK

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menemui pengungsi gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat, Minggu,(27/11/2022) memberi bantuan sembako hingga uang tunai.

Istimewa
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menemui para pengungsi gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat, Minggu,(27/11/2022) untuk memberikan bantuan sembako hingga uang tunai. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menemui para pengungsi gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat, Minggu,(27/11/2022) untuk memberikan bantuan sembako hingga uang tunai.

Pada kesempatan itu, pria yang akrab disapa Zulhas memberikan bantuan uang tunai Rp 500 ribu per kepala keluarga (KK) dan sembako kepada warga korban gempa bumi di Cianjur.

Zulhas yang menyambangi Kampung Cikamuning, Kampung Rawacina, maupun Kampung Cikareyom Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur juga memberi semangat dan apresiasi kepada para relawan.

“Sebagai pembantu presiden, saya ucapkan terima kasih yang tak terhingga, karena bapak-bapak semua menjadi pahlawan siang dan malam membantu dan menjaga korban bencana,” ujar Zulhas.

Menurutnya para relawan maupun anggota Brimob, Satpol PP dan petugas keamanan yang membantu korban bencana gempa Bumi Cianjur perlu mendapatkan apresiasi.

Baca juga: Viral Aksi Intoleran, Sekelompok Orang Copot Label Bantuan Gereja untuk Korban Gempa Cianjur

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan naik motor untuk menyalurkan bantuan bagi warga korban gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat, Minggu,(27/11/2022).
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan naik motor untuk menyalurkan bantuan bagi warga korban gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat, Minggu,(27/11/2022). (Istimewa)

“Mereka rela untuk meninggalkan anak istri dan mengambil resiko turun di pusat gempa berani mengorbankan diri bersama rakyat,” katanya.

Tidak hanya itu, Zulhas menambahkan bahwa total bantuan berupa dana tunai untuk korban bencana gempa bumi di Cianjur sementara ini telah terkumpul Rp 2,5 miliar.

“Insya Allah kita masih cari lagi bantuan dana tunai, mudah-mudahan bisa sampai Rp 5 M," ungkap Zulhas.

Zulhas sendiri ikut menyalurkan bantuan berupa dana untuk para petugas keamanan dan relawan yang bertugas di daerah paling parah terdampak di Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur.

Tidak hanya itu, Zulhas juga memberi bantuan uang Rp 300 juta kepada Bupati Cianjur Herman Suherman untuk dialirkan kepada para warga Cianjur korban terdampak gempa bumi.

Baca juga: Rumahnya Ambruk Diguncang Gempa Bumi di Cianjur, Euis Berharap Ridwan Kamil Tepati Janji

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan bertemu Bupati Cianjur Herman Suherman untuk menyalurkan bantuan bagi warga korban gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat, Minggu,(27/11/2022).
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan bertemu Bupati Cianjur Herman Suherman untuk menyalurkan bantuan bagi warga korban gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat, Minggu,(27/11/2022). (Istimewa)

Penyerahan bantuan yang bertajuk Kemendag Peduli tersebut juga disaksikan oleh Kepala BNPB, Letjen Suharyanto di selasar Kantor Bupati Cianjur hari ini.

"Kita serahkan bantuan dari kami sebesar Rp 300 juta, semoga dapat membantu warga Cianjur," kata Zulkifli.

Pemerintah Kabupaten Cianjur dan Pemerintah Pusat diharapkan dapat bersinergi memulihkan keadaan warga Cianjur yang terdampak gempa berkekuatan 5,6 magnitudo.

"Kita jalan bersama untuk memulihkan warga Cianjur, semoga bencana cepat berlalu," ujarnya.

Zulhas menambahkan bahwa bantuan yang dialokasikan untuk rumah yang mengalami kerusakan berat, sedang, maupun ringan juga tengah dipersiapkan.

"Pemerintah kan menyiapkan Rp 50 juta untuk rumah yang rusak berat, Rp25 juta untuk rumah yang rusak sedang dan seterusnya yang rusak ringan juga dapat bantuan," jelasnya.

Namun, ia juga meminta masyarakat untuk turut mengawal proses hingga pencairan agar dapat ditujukan untuk membangun kembali rumah yang diguncang gempa.

"Makanya kita akan minta semua pihak untuk mengawal (bantuan untuk warga) agar dapat sampai ke warga, bisa perbaiki rumah mereka," kata Zulhas.

Baca berita Wartakotalive.com lainnya di Google News.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved