Wisata Kepulauan Seribu

Tingkatkan Potensi Wisata Bahari, Pemuda Pulau Pramuka Ikuti Pelatihan Selam untuk Jadi Instruktur

Pemkab Kepulauan Seribu tengah berupaya meningkatkan potensi wisata di Pulau Pramuka melalui berbagai kegiatan.

Penulis: M. Rifqi Ibnumasy | Editor: Valentino Verry
warta kota/m rifqi ibnu masy
Belasan pemuda di Kepulauan Seribu tengah mengikuti kursus selam di perairan Pulau Pramuka, hal ini dilakukan guna meningkatkan potensi pariwisata di wilayah itu. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) Panggang Wisata Bahari bekerjasama dengan PT Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) menggelar Pelatihan Sertifikasi Selam Open Water di Pulau Pramuka, Kelurahan Pulau Panggang.

Bendahara LKM Panggang Wisata Bahari, Ahmad Haerudin menuturkan, kegiatan pelatihan dimulai pada 23-25 November 2022 yang diikuti 17 pemuda perwakilan dari enam wilayah kelurahan, Kepulauan Seribu.

"Pelatihan selam ini sebagai bentuk sporting dari PHE ONJW, dalam program pemberdayaan masyarakat," ujar Ahmad, Jumat (25/11/2022).

Menurut Ahmad, LKM Panggang Wisata Bahari sebagai putra asli pulau mempunyai tanggung jawab untuk memberikan kompetensi, memberikan kemampuan-kemampuan atau keahlian khusus kepada para pemuda di wilayah Kepulauan Seribu.

"Ke depan, dari pelatihan sertifikasi selam ini kita ingin membentuk sebuah komunitas penyelam di Kepulauan Seribu, dan secara program kita diharapkan dapat menyalurkan tenaga-tenaga kerja di bidang penyelaman, salah satunya seperti las dibawah laut atau welding, cutting, dan pemeliharaan pipa bawah laut," katanya.

Community Development (Comdev) PHE ONWJ, Iman Teguh menuturkan pihaknya melihat potensi di Kepulauan Seribu cukup besar, banyak pemuda yang terlahir di pulau ini butuh pengembangan Capacity Building, kalau orang pulau tidak punya keahlian menyelam itu aneh rasanya.

Baca juga: Beri Kenyamanan Wisatawan, Sudin SDA Kepulauan Seribu Perbaiki Tanggul Dermaga Pulau Pramuka

"Untuk pengembangan wisata bahari, program ini sangat penting sekali untuk pemuda-pemuda disini, bagaimana dia bisa meningkatkan capacity building, kemampuan mereka untuk melakukan penyelaman," katanya.

Iman berharap, melalui pelatihan sertifikasi selam ini ke depan mereka bisa menjadi tour guide penyelam, menjadi pekerja dibawah laut. Intinya mereka ke depannya bisa menjadi mandiri dan berdaya.

"Harapannya ini bisa menjadi lebih besar lagi, saat ini kami hanya bisa mensupport 17 orang," tuturnya.

Baca juga: Sudin SDA Kepulauan Seribu Bangun Tiga Sumur Resapan di Pulau Pramuka untuk Atasi Banjir Saat Hujan

Sementara itu, Sekretaris Kelurahan Pulau Panggang, Jamaludin mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi kegiatan pelatihan selam ini.

"Mudah-mudahan para pemuda ini dapat memberikan kontribusi yang baik untuk pariwisata di Kepulauan Seribu," ujarnya.

Menurutnya, untuk menjadi tour guide di Kepulauan Seribu, dan bekerja di beberapa perusahaan juga membutuhkan keahlian-keahlian khusu. Salah satunya, yaitu mempunyai keahlian dalam bidang selam.

"Kepulauan Seribu adalah daerah wisata, maka perlu dibutuhkan tour guide-tour guide yang handal, baik profesional yang mempunyai keahlian di bidangnya, seperti selam, dan rescue," pungkasnya.

 

Baca berita Wartakotalive.com lainnya di Google News

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved