Berita Video

VIDEO Nasib Daerah Kekhususan Jakarta Pasca Perpindahan IKN

Kepala Bappeda KI Jakarta, Atika Nur Rahmania menjelaskan terkait kekhususan Jakarta apabila sudah tidak lagi menjadi ibu kota negara.

WARTAKOTALIVE.COM, GAMBIR - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Jakarta, Atika Nur Rahmania menjelaskan terkait kekhususan Jakarta apabila sudah tidak lagi menjadi ibu kota negara.

Hal tersebut ia sampaikan usai Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bertemu dengan Kementerian Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappenas).

"Tadi sudah disampaikan bagaimana model perangkat daerahnya," ujar Atika saat ditemui di Balai Kota DKI Jakarta, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (24/11/2022).

Kemudian Atika menjelaskan, bagaimana tata ruang yang lebih mendukung pada visi DKI Jakarta sebagai kota global.

Hal tersebut dikarenakan DKI Jakarta akan berkembang sebagai pusat pertumbuhan ekonomi nasional.

Saat ditanya perihal alih fungsi bangunan, Atika mengatakan hal itu nantinya akan dibahas lebih lanjut dengan tim khusus.

"Nanti akan dibentuk tim khusus oleh Bappenas dan Pemprov DKI Jakarta untuk eksplorasi hal tersebut," ucap Atika.

Kemudian, Atika menjelaskan bahwa tim khusus tersebut akan merevisi poin-poin undang-undang terkait dengan kekhususan DKI Jakarta.

Baca juga: VIDEO Jokowi Kembali Kunjungi Lokasi Gempa Cianjur

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kedatangan Menteri Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Suharso Monoarfa di Balai Kota DKI Jakarta, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat.

"Beliau (Menteri Suharso) bersama dengan rombongan datang ke sini untuk membicarakan Jakarta ke depannya," ujar Heru usai diskusi tertutup, Kamis (24/11/2022).

Heru menjelaskan, antara Pemprov DKI Jakarta dan Menteri Bappenas membahas mengenai tata ruang wilayah.

Hal tersebut berkaitan dengan ke depan apabila DKI Jakarta sudah tidak lagi menjadi ibu kota negara.

Baca juga: VIDEO Sosok Bocah Yang Selamat Tertimbun Puing Gempa Cianjur

Ia memastikan bahwa walaupun ibu kota akan dipindah ke IKN Kalimantan Timur, perekonomian di DKI Jakarta tetap akan berjalan dengan baik.

"Tentunya nanti ekonomi di Jakarta akan tumbuh lebih dinamis. Dan tadi arahan Pak Menteri Bappenas adalah agar mempercepat kegiatan ekonomi pembangunan," ucap Heru.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved