Kompetisi Robot Ditutup, Sembilan Madrasah Raih Juara Satu di Kategori Berbeda

Salah satu program prioritas Kementerian Agama adalah transformasi digital. Maka robotika menjadi bagian penting dalam mewujudkan transformasi digital

Editor: Ichwan Chasani
Istimewa
Direktur KSKK Madrasah Kemenag RI, Moh Isom, menyerahkan secara simbolis hadiah kepada para pemenang Kompetisi Robotik Madrasah 2022 atau Madrasah Robotic Competition (MRC) 2022, Rabu (23/11/2022) malam. 

WARTAKOTALIVE.COM — Kompetisi Robotik Madrasah 2022 atau Madrasah Robotic Competition (MRC) 2022 resmi ditutup oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI Nizar Ali di GOR Universitas Negeri Yogyakarta, Rabu (23/11/2022) malam. 

Sebanyak sembilan madrasah tampil sebagai juara satu yang terbagi dalam tiga kategori di tiga jenjang berbeda.

Di kategori Beetle Robot, podium tertinggi diraih MI Al-Layyinah, MTSN 6 Kota Padang, dan MAN 1 Kota Bukittinggi, masing-masing menjadi yang terbaik untuk tingkat Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah.

Untuk kategori Robot Inovasi, juara 1 diraih MI Al-Layyinah, MTSN 6 Kota Padang, dan MAN 1 Kota Bukittinggi, yang mendominasi pada jenjangnya masing-masing.

Sedangkan di kategori Mobile Robot, juaranya 1 di masing-masing jenjang adalah MI Al-Lathif, MTs Negeri 3 Kota Kediri, dan MAN 1 Gresik.

BERITA VIDEO: KAKAK BERADIK PELAJAR MTSN 1 TANGSEL CIPTAKAN ROBOTIK PENERAPAN PROKES COVID

Sekretaris Jenderal Kementerian Agama, M. Nizar Ali membanggakan kepiawaian anak-anak madrasah dalam hal robotik dan meminta mereka terus mengukir prestasi.

“Suatu hal yang membanggakan, anak madrasah kini memiliki kapasitas mengagumkan dalam teknologi robotik. Ini bukan hanya omong kosong, tapi fakta dan realitas," ungkap Nizar Ali dalam pernyataan resminya.

Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta ini berharap, event seperti ini menjadi stimulus bagi siswa madrasah yang memiliki bakat di bidang robotika sehingga bisa terus mengembangkan transformasi digital.

Baca juga: Kasur, Makanan, Hingga Mainan Anak Dikirim dari Jawa Tengah untuk Korban Gempa Cianjur

Baca juga: UPDATE Covid-19 di Indonesia 24 November 2022: 41 Pasien Wafat, 7.669 Orang Sembuh, 7.110 Positif

Salah satu program prioritas Kementerian Agama adalah transformasi digital. Maka robotika menjadi bagian penting dalam mewujudkan transformasi digital.

Direktur KSKK Madrasah Kemenag RI, Moh Isom, mengungkapkan, apa yang dicapai madrasah membuka pintu-pintu kemungkinan mereka dapat bekerjasama dengan dunia usaha dan dunia industri.

"Mudah-mudahan bisa diproduksi secara masif dan akhirnya robot ini dapat mempermudah kehidupan kita,“ kata Moh Isom.

Pada acara penutupan tersebut, para pemenang dari tiga kategori dan tiga jenjang diumumkan. Isom mengatakan, kemenangan yang sesungguhnya adalah datang bertanding dengan jiwa besar demi kemajuan madrasah.

"Kegagalan merupakan awal dari kesuksesan yang harus terus dilatih dan diasah serta diasuh sampai menemukan keberhasilan dan kesuksesan yang berasal dari inovasi yang dilakukan oleh siswa madrasah," katanya. 

Baca juga: Korea Selatan, Negara Asia Pertama yang Ikut Piala Dunia

Baca juga: Polisi Ada Temuan Terbaru Berupa Feses Terkait Satu Keluarga Tewas di Kalideres

Halaman
123
  • Baca Juga
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved