Gempa Bumi

Gempa Bumi di Cianjur, PT KAI Pastikan Seluruh Perjalanan KA dalam Kondisi Lancar dan Terkendali 

Eva Chairunisa memastikan tidak ada gangguan operasional dampak kejadian tersebut termasuk perjalanan KA Pangrango pada lintas Bogor-Sukabumi.

ist
Ilustrasi kereta api jarak jauh 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Leonardus Wical Zelena Arga

WARTAKOTALIVE.COM, CIANJUR - Menanggapi peristiwa gempa yang terjadi di wilayah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat siang tadi, PT KAI Daop 1 Jakarta memastikan seluruh perjalanan Kereta Api (KA) di wilayah kerja Daop 1 Jakarta saat ini dalam kondisi aman, lancar, dan terkendali.

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa memastikan tidak ada gangguan operasional dampak kejadian tersebut termasuk perjalanan KA Pangrango pada lintas Bogor - Sukabumi.

"Paska terjadinya gempa, sejumlah KA sempat diberhentikan sesaat dengan rentang waktu paling lama hingga 10 menit," ujar Eva berdasarkan keterangannya, Senin (21/11/2022).

Hal tersebut untuk pemeriksaan kondisi prasarana guna memastikan keamanan dan keselamatan perjalanan KA. 

Baca juga: Pengunjung RSUD Kota Tangerang Panik saat Rasakan Guncangan Gempa 5,6 SR Cianjur

Setelah dilakukan pemeriksaan, Eva menjelaskan kondisi prasarana perkeretaapian seperti jalur rel, jembatan, persinyalan, listrik aliran dan sejumlah prasarana lainnya terpantau dalam kondisi baik serta tidak mengalami kerusakan yang dapat mengganggu operasional KA. 

Ia pun memastikan bahwa seluruh petugas PT KAI Daop 1 Jakarta selalu siaga mengantisipasi semua kemungkinan yang berkaitan dengan alam salah satunya gempa.

"Pada titik rawan, petugas yang berjaga selalu melakukan pengawasan dan pemantau berkala untuk memastikan kondisi prasarana dalam kondisi baik," ucap Eva.

Eva mengatakan, koordinasi antara petugas penjaga daerah rawan dan semua jajaran operasional termasuk masinis yang selalu mendapatkan pantauan terbaru dari pusat pengendali KA juga dilakukan. 

Ia mengimbau kepada pengguna jasa KA agar selalu mengikuti arahan petugas dilapangan jika sewaktu-waktu terjadi kondisi khusus. 

Baca juga: Gedung-gedung Pencakar Langit Bergoyang, Karyawan di Kawasan Sudirman Berhamburan saat Gempa Terjadi

Turut dirasakan di Jakarta

Gempa bumi 5,6 skala richter (SR) di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022) pukul 13:21:10 WIB turut dirasakan di Jakarta.

Pantauan Warta Kota, karyawan yang bekerja di gedung-gedung bertingkat di kawasan Jenderal Sudirman berhamburan keluar dari gedung.

Mereka tampak tergesa-gesa ingin segera keluar dari gedung meskipun pihak keamanan gedung sudah meminta agar mereka tenang.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved