Berita Regional

Ada Setengah Juta Santri di Jawa Timur, Pemberdayaan Ekonomi Berbasis Ponpes Terus Digencarkan

Jawa Timur memiliki jumlah santri paling banyak, yakni 564.299 orang atau menyumbang sebesar 34

Editor: Ahmad Sabran
HO
Rribuan santri di Ponpes Tarbiyatul Islam, Probolinggo, Jawa Timur, Sabtu (19/11/2022) menghadiri Gema Sholawat dan Doa Bersama. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Relawan Santri Dukung Ganjar (SDG) Jawa Timur terus mensosialisasikan program pemberdayaan ekonomi berbasis pondok pesantren.

Rribuan santri di Ponpes Tarbiyatul Islam, Probolinggo, Jawa Timur, Sabtu (19/11/2022) menghadiri Gema Sholawat dan Doa Bersama.

"Hari ini memang kami tengah fokuskan pada program Ganjar Pranowo, yakni pemberdayaan ekonomi berbasis pondok pesantren," kata Huriyahi, Koordinator Wilayah (Korwil) SDG Jawa Timur seperti dikutip dari Tribun Jatim.

Tujuannya, lanjut Huri, terobosan yang dilakukan Ganjar merupakan solusi atas persoalan yang dihadapi beberapa pondok pesantren di Jawa Tengah, agar santri memilki keterampilan kewirausahaan dalam meningkatkan kemandirian setelah mengenyam pendidikan di pondok pesantren.

"Sebelum kegiatan akbar ini kami mulai, sebelumnya kami memang sudah memberikan pelatihan dan pendampingan wirausaha sesuai dengan program yang saat ini tengah Pak Ganjar laksanakan di Jateng," lanjut Huri.

Baca juga: Terus Bertambah, Korban Meninggal Gempa Cianjur Kini 56 Orang, 40 Diantaranya Anak-anak

"Mudah-mudahan melalui program ini harapan kami, para santri Jawa Timur bisa merasakan kinerja Pak Ganjar melalui kehadiran relawan Santri Dukung Ganjar ini. Selain itu, para santri juga mulai mengimplementasikan hasil pelatihannya dengan mulai membuka peluang usaha," ujarnya.

Berdasarkan data Kementerian Agama (Kemenag), Jawa Timur memiliki jumlah santri paling banyak, yakni 564.299 orang atau menyumbang sebesar 34 persen dari total 1,64 juta santri di pondok pesantren seluruh Indonesia per September 2022.

"Santri di Jawa Timur salah satu yang paling banyak di Indonesia. Tentu saja ini menjadi suatu basis komunitas yang cukup besar, mengingat Pak Ganjar juga memprioritaskan program bagi para santri," ujarnya.

"Potensi dan peluang tentu sangat besar, kita terus lalukan dengan kegiatan kanvasing untuk mengasah keterampilan santri dan juga memperkuat jaringan program Bapak," tambahnya.

Baca juga: Ini Dia Qori-Qoriah Terbaik MTQ ke-54 Kabupaten Bekasi 2022

Huri menargetkan 90 persen santri mengarahkan dukungannya terhadap Ganjar Pranowo.

"Saya targetkan minimal 90 persen lah dari total santri memilih Pak Ganjar berdasarkan respon dan animonya sendiri saya sangat yakin," tegasnya.

Selain itu, SDG Jawa Timur gencar melakukan kegiatan kanvasing lainnya, seperti memberikan bantuan sembako, bantuan pendidikan bagi anak yatim piatu maupun bantuan-bantuan lainnya kepada majelis taklim di Jawa Timur.

Baca berita Wartakotalive.com lainnya di Google News.

Artikel ini telah tayang di TribunJatim.com dengan judul Santri di Probolinggo Puji Program Ganjar Pranowo: Solusi Atas Persoalan Pesantren

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved