Berita Regional

Banjir Landa Empat Kecamatan di Palangkaraya, Bantuan Mulai Mengalir

Pemerintah Kota Palangkaraya sudah menetapkan Palangkaraya Status Darurat Banjir selama 14 hari ke depan, sejak 17 November 2022 kemarin.

Editor: Ahmad Sabran
HO
Banjir kiriman dari sejumlah daerah merendam sejumlah wilayah di Kota Palangkaraya Kalimantan Tengah 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA-  Banjir kiriman dari sejumlah daerah merendam sejumlah wilayah di Kota Palangkaraya, terutama kawasan yang berada di pinggir Sungai Kahayan.

Warga yang terdampak banjir akhirnyapun memilih mengungsi ke Posko Pengungsian ketempat yang lebih tinggi dan aman yang sudah disiapkan oleh Pemerintah Kota Palangkaraya.

Bahkan saat ini Pemerintah Kota Palangkaraya sudah menetapkan Palangkaraya Status Darurat Banjir selama 14 hari ke depan, sejak 17 November 2022 kemarin.

Jumlah warga yang terdampak Banjir di Palangkaraya di empat kecamatan sebanyak 8,544 jiwa atau 2.388 kepala keluarga (KK).

Empat kecamatan tersebut meliputi Kecamatan Pahandut, Bukit Batu, Jekan Raya, dan Sebangau.

Dengan kecamatan yang terdampak paling banyak ada diKecamatan Pahandut.

Baca juga: Bareskrim Polri Disebut Berjanji akan Terbitkan LP Tragedi Kanjuruhan pada Senin Lusa

Sedangkan untuk posko pengungsian saat ini mulai didirikan di sejumlah titik, seperti di wilayah Kelurahan Marang, Kecamatan Pahandut di Jalan Kalimantan, di Jalan Arut, Jalan Pelatuk, gedung KNPI, di PDAM.

Bantuan pun mulai mengalir ke korban banjir, antara lain dari relawan Mak Ganjar.

Dengan semangat gotong royong dan tekad untuk membantu sesama, puluhan relawan rela menerjang banjir disertai hujan yang saat itu masih menggenang dan mengguyur sejumlah wilayah di Palangkaraya.

Mereka membagikan ratusan paket makanan, kaos Mak Ganjar dan membantu membersihkan rumah warga di sejumlah wilayah, diantaranya Kel. Palangkaraya, Kecamatan Jekan Raya dan Kelurahan Panarung, Kecamatan Pahandut, Kota Palangkaraya.

Baca juga: Jaga Kelestarian Alam, Sejumlah Mahasiswa Diajak Ikut Konservasi Terumbu Karang

"Meski hujan dan masih ada banjir, kami tetap semangat. Semoga apa yang kami lakukan bermanfaat bagi masyarakat," kata Korwil Mak Ganjar Kalteng, Lilis dalam keterangannya, Sabtu (19/11/2022).

Lilis mengatakan, paket nasi dibagikan secara langsung kepada warga. Warga menyambut baik dan antusias kegiatan sosial ini. Ia mengajak semua pihak untuk bergandengan tangan membantu warga yang terkena musibah, terutama warga di Palangkaraya.

"Warga menyampaikan kepada kami, berharap kegiatan berbagi kebaikan bisa berkelanjutan dan tidak putus di sini saja," ujar Lilis.

Lilis berkomitmen untuk terus menghadirkan kegiatan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Ia memohon doa dan dukungannya kepada semua pihak agar tujuan baik itu dapat terus terwujud.

Selain itu, Lilis menuturkan gerak cepat tanggap dalam membantu sesama, terutama membantu korban bencana, telah dilakukan oleh Ganjar Pranowo. Hal itu juga yang mencoba diikuti oleh relawan Mak Ganjar.

Sebagian Artikel ini telah tayang di Tribunkalteng.com dengan judul Pemko Tetapkan Palangkaraya Status Tanggap Darurat Banjir, 8,544 Jiwa Terdampak 4 Kecamatan

Baca berita Wartakotalive.com lainnya di Google News.

Sumber: Tribun Kalteng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved