Berita Jakarta

Pulau Kelapa Dipenuhi Sampah Plastik Terbawa dari Jakarta dan Jawa Barat Akibat Musim Angin Barat

Pulau Kelapa di Kepulauan Seribu dipenuhi dengan sampah plastik berpa botol bekas dan pembungkus makanan

dok Kominfotik Kepulauan Seribu
Area pesisir Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu dipenuhi sampah yang terbawa musim angin barat. 

WARTAKOTALIVE.COM, KEPULAUAN SERIBU - Berbagai jenis sampah kiriman dari wilayah Jakarta hingga Jawa Barat kotori wilayah pesisir Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu.

Sampah-sampah plastik berupa botol dan bekas pembungkus makanan hingga kayu tersebut terbawa arus air laut saat musim angin barat.

Lurah Pulau Kelapa, Muslim menjelaskan, tumpukan sampah selalu mengumpul di pesisir pantai setiap musim angin barat bertepatan dengan musim hujan.

"Setiap memasuki musim hujan, wilayah perairan Kepulauan Seribu biasanya menerima cukup banyak sampah," kata Muslim dalam keterangannya, Kamis (16/11/2022).

Baca juga: Gelar Pengabdian Masyarakat di Kepulauan Seribu, Ciptakan Pengusaha Muda Bidang Media Digital

Menurut Muslim, tumpukan sampah yang mengotori area pesisir Pulau Kelapa tersebut  terbawa arus dari wilayah daratan Jakarta, Banten, hingga Jawa Barat.

Untuk menangani sampah-sampah itu, Muslim menugaskan petugas pesisir pantai untuk membersihkannya setiap hari.

"Mengingat sampah-sampah yang ada di pantai Pulau Kelapa tidak hanya sampah yang terbawa oleh arus air laut, tapi juga kiriman dari muara sungai," ujarnya.

Dalam sehari, petugas pesisir pantai bisa mengumpulkan sampah sebanyak 21 meter kubik hasil Suku Dinas Lingkungan Hidup Kepulauan Seribu dibantu pasukan oranye PPSU Pulau Kelapa

Selanjutnya, sampah yang telah dikumpulkan akan dibawa menggunakan gerobak motor untuk dipindahkan ke tempat pembuangan sampah sementara.

 

Baca berita Wartakotalive.com lainnya di Google News

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved