Liga 1

Nasib Kelanjutan Liga 1 2022/2023 Masih Gelap, Menpora: Belum Ada Kepastian Tanggal

Nasib kelanjutan Liga 1 2022/2023 masih gelap usai disetop imbas tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober 2022 lalu.

Penulis: Abdul Majid | Editor: Rendy Renuki
Tribunnews/Abdul Majid
Menpora Zainudin Amali bersama dengan Dirut PT LIB Ferry Paulus saat memaparkan hasil rapat kelanjutan Liga 1 2022/2023 di Kemenpora, Senayan, Jakarta, Jumat (18/11/20220). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Nasib kelanjutan Liga 1 2022/2023 masih gelap usai disetop imbas tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober 2022 lalu.

Kejelasan diputarnya kembali Liga 1 2022/2023 yang terhenti di pekan ke-11 pun masih belum bisa dipastikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, meski telah bertemu PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Liga 1.

Dalam pertemuan di Kemenpora, Senayan, Jakarta, Jumat (18/11/2022), Menpora mengatakan dirinya hanya mendengarkan rencana kelanjutan Liga 1 2022/2023 dari PT LIB.

Setelah rapat ini, dirinya giliran menjalin komunikasi dengan Kapolri terkait perizinan.

"Tadi masih mendiskusikan saja. Teman-teman dari PT LIB dan PSSI menyampaikan berbagai informasi tentang perkembangan dan masukannya," kata Zainudin.

"Nah, itu tentu menjadi bahan saya, kemudian jadi bahan pemerintah untuk mendiskusikan dengan pihak yang punya kewenangan untuk mengeluarkan izin keramaian," lanjut menteri asal Gorontalo itu.

Saat ditanya kepastian tanggal kelanjutan Liga 1 2022/2023, Menpora Amali masih belum bisa mengatakan.

Menurutnya kepastian tanggal baru akan muncul ketika Polri sudah memberikan izin dan pihaknya kembali menggelar rapat koordinasi bersama PSSI, PT LIB, pihak Kepolisian dan Kementerian/Lembaga terkait.

"Tentang tanggal ini kita belum pastikan tanggal berapa. Teman-teman kan tahu kalau sudah mau mulai jalannya kompetisi kita pasti akan melakukan rakor," tutur Zainudin.

"Biasanya saya yang langsung memimpin rakor itu, sampai mengundang dari kepolisian, kesehatan, kemudian dari satgas covid, kali ini ada tambahan dari kementerian PUPR, dari kementerian dalam negeri, dan berbagai lintas yang terkait," lanjutnya.

"Jadi baru disitu akan kita ketahui kapan tanggalnya, kalau sekarang belum," jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Menpora juga mengatakan dirinya belum membaca laporan satgas transformasi sepakbola yang sudah diserahkan kepada Kemenpora.

Baca juga: Menpora tak Mau Buru-buru Bahas Lanjutan Kompetisi Liga 1, Buntut Tragedi Kanjuruhan

Nantinya, laporan satgas transformasi sepakbola Indonesia yang salah satu isinya terkait regulasi anyar penyelenggaraan kompetisi sepakbola di Indonesia itu akan disampaikan kepada Presiden Joko Widodo.

"Saya ini baru pulang tadi malam dari Bali, dari G20. Jadi saya akan melihat lagi itu, seperti apa laporannya," pungkasnya.

Baca berita Wartakotalive.com lainnya di Google News

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved