Asuransi

Ini yang Perlu Dipahami Ketika Membeli Produk Asuransi

Beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh masyarakat sebelum mengambil polis asuransi, baik asuransi jiwa atau asuransi kesehatan.

Wartakotalive.com/Mochammad Dipa
Chief Product Officer Allianz Life Indonesia, Himawan Purnama menjelaskan hal-hal yang perlu diperhatikan saat membeli produk asuransi pada kegiatan Media Workshop secara daring dengan topik Life & Health Insurance 101: Do’s & Don’ts Sebelum dan Saat Memiliki Asuransi, Rabu (16/11/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Saat ini, terdapat berbagai macam produk asuransi yang ditawarkan di pasaran, seperti halnya asuransi jiwa dan asuransi kesehatan.

Banyak masyarakat yang masih bingung terkait produk asuransi yang akan mereka pilih. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh masyarakat saat mengambil polis asuransi, baik asuransi jiwa atau asuransi kesehatan.

Chief Product Officer Allianz Life Indonesia, Himawan Purnama mengatakan, sebelum mengenal lebih jauh jenis produk asuransi, bahwa masih banyak pemahaman masyarakat yang keliru mengenai asuransi, baik jiwa maupun kesehatan. Perlu ditekankan bahwa asuransi bukanlah tabungan dan juga bukan investasi.

pemahaman yang masih salah terkait asuransi jiwa (1)
Chief Product Officer Allianz Life Indonesia Himawan Purnama, memaparkan mengenai pemahaman yang masih salah di kalangan masyarakat Indonesia terkait asuransi jiwa, dalam kegiatan Media Workshop secara daring dengan topik Life & Health Insurance 101: Do’s & Don’ts Sebelum dan Saat Memiliki Asuransi, Rabu (16/11/2022).

"Banyak yang masih punya mindset bahwa ini tabungan dan investasi yang kalau tidak digunakan itu jadi rugi atau sia-sia," ujar Himawan dalam kegiatan Media Workshop secara daring dengan topik Life & Health Insurance 101: Do’s & Don’ts Sebelum dan Saat Memiliki Asuransi, Rabu (16/11/2022).

Himawan menjelaskan, bahwa asuransi bertujuan melindungi dari risiko. Sehingga, sangat penting untuk memahami kebutuhan masing-masing terkait perlindungan, karena jenis produk dan cakupan polis sangat beragam.

“Mulai dari asuransi jiwa atau kesehatan, tradisional atau unit link, cicilan bulanan atau bayaran tahunan, asuransi kumpulan atau individu, tanggungan sepanjang hayat atau waktu tertentu, hingga asuransi konvensional atau syariah,” ungkapnya.

Maka dari itu, lanjut Himawan, penting sekali setiap individu untuk mengenali kebutuhan atas produk asuransi yang akan diambil.

"Kita mesti paham kebutuhan kita apa, kenapa kita butuh mencari asuransi? Apakah karena kita punya anak, apakah karena kita takut kalau besok kita kenapa-kenapa biaya kesehatannya nggak ketutup, atau kalau misalkan kita yang punya usaha sakit selama periode itu nggak bisa kerja nggak ada income, nah gimana resikonya. Jadi pahami betul kebutuhannya," ujarnya.

Pengisian SPAJ

Ketika calon nasabah sudah mengetahui produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan, maka ada proses penting yang harus diperhatikan juga saat pembelian asuransi, yakni pengisian Surat Permintaan Asuransi Jiwa (SPAJ).

Pengisian SPAJ bertujuan memberikan informasi yang lengkap terkait kondisi pemegang polis, tertanggung, dan juga penerima manfaat.

Pemegang polis adalah yang membayar polis, tertanggung adalah orang yang ditanggung oleh asuransi, dan penerima manfaat yang akan menerima manfaat saat terjadi risiko kematian. Setelah mengisi aplikasi SPAJ, akan ada polis yang diterima.

"Membaca polis juga sangat penting, di sana sangat jelas dan transparan apa saja yang akan ditanggung, dan informasi lain yang dibutuhkan," ungkap Himawan.

Selanjutnya, nasabah harus segera mempelajari polis tersebut. Ada waktu 14 hari, sesuai yang diberikan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), untuk nasabah memahami polis tersebut.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved