Depok

Dituding Wali Kota Depok Kasih Ide Relokasi SDN 1 Pondok Cina, Ridwan Kamil Buka Suara

Dituding sarankan pindahkan SDN 1 Pondok Cina oleh Wali Kota Depok, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil buka suara.

Penulis: Desy Selviany | Editor: Desy Selviany
Warta Kota/Indri Fahra Febrina
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil usai menghadiri acara Urban 20 Mayors Summit di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat pada Rabu (31/8/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Dituding sarankan pindahkan SD Negeri 1 Pondok Cina  oleh Wali Kota Depok, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil buka suara.

Ridwan Kamil mengklarifikasi pernyataan Wali Kota Depok Mohammad Idris yang menyebut bahwa pemindahan SDN 1 Pondok Cina di Jalan Margonda Raya ialah saran Ridwan Kamil.

“KLARIFIKASI, terkait berita termaksud. Ini perlu diluruskan agar tidak terjadi mispersepsi,” jelas Ridwan Kamil pada Kamis (17/11/2022) di akun instagramnya.

Ridwan Kamil menjelaskan dalam kasus ini Pemerintah Provinsi Jabar kapasitasnya hanya menampung aspirasi daerah. Baik pembangunan alun-alun, pariwisata, gedung kesenia, masjid, atau rumah ibadah pemerintah provinsi terbuka dengan segala inisiasi daerah.

“Mau Alun-alun silakan, mau pariwisata, gedung kesenian maupun Masjid/Rumah Ibadah, silakan,” beber Ridwan Kamil.

Asalkan kata Ridwan Kamil, dalam rumusnya, pihak pemerintah kota atau kabupaten bisa menyediakan lahannya dengan baik dan aman.

Sementara Pemprov Jawa Barat hanya menyediakan anggaran bantuan untuk inisiasi tersebut.

Hal itulah kata Ridwan Kamil yang terjadi dalam situasi rencana pembangunan masjid di lahan SD Negeri 1 Pondok Cina.

Baca juga: Viral! Akses Pintu Masuk SD Negeri Pondok Cina 1 Tertutup Trotoar Jalan Margonda, Depok

Selama ini pihak Pemprov dilapori pihak Pemkot Depok bahwa lahan sudah aman terkendali dan sudah akan ada rencana relokasi untuk Sekolah Dasar tersebut.

Ridwan Kamil saat itu sempat bertanya ke Pemkot Depok kenapa SDN 1 Pondok Cina harus direlokasi.

Kemudian, dijawab oleh tim Pemkot Depok, bahwa situasi lalu lintas sudah sangat padat dan rawan kecelakaan bagi anak-anak SD bersekolah di sana.

Ridwan Kamil juga mengaku sudah menyarankan ke Pemkot Depok, apabila lahan memang belum beres sepenuhnya untuk alih fungsi sebaiknya dimusyawarahkan terlebih dahulu sampai semua pihak menerima.

Bahkan, Ridwan Kamil juga mengaku pernah menyarankan Pemkot Depok untuk membatalkan pembangunan masjid di lahan SD Negeri 1 Pondok Cina  apabila masih ada penolakan dari masyarakat.

“Jika tidak, maka niat membangun masjid bisa pindah lokasi atau bisa juga tidak jadi dibangun atau dibatalkan,” bebernya.

Diketahui pemindahan SD Negeri 1 Pondok Cina menuai kecaman dari orang tua murid. Orang tua murid menolak anak-anak mereka yang menempuh pendidikan di SD Negeri 1 Pondok Cina untuk dipencar ke sejumlah sekolah lantaran lahan sekolah akan digusur untuk pembangunan masjid. 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved