Berita Nasional

Penuh Keyakinan, Jokowi Akan Ajukan Ibu Kota Nusantara Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036

Sebelumnya Indonesia sudah maju dalam bidding Olimpiade 2032, akan tetapi dalam bidding tersebut Indonesia kalah dari Brisbane, Australia.

Penulis: Abdul Majid | Editor: Feryanto Hadi
DOK YouTube Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi saat membuka KTT G20 Bali 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo mengatakan dirinya bersama para pemimpin G20 lainnya menekankan pentingnya olahraga.

Olahraga bukan hanya baik untuk kesehatan tubuh tapi olahraga jadi peran penting dalam mempersatukan dunia.

Dengan demikian, Presiden Jokowi pun menyampaikan bahwa Indonesia siap berperan dalam mempersatukan dunia dengan mengajukan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia 2036 di Ibu Kota Nusantara.

“Saya sebagai ketua G20 2022 bersama dengan para pemimpin G20 lainnya menekankan pentingnya peran olahraga untuk kesehatan dan dapat pemersatu dunia terutama pada saat ini. Kesuksesan Olympics dan Paralympics game berikutnya di paris tahun 2024, Milano-Cortina 2026 (winter), Los Angels untuk 2028, Brisbane untuk 2032 dan youth Olympics games 2024 di Gangwon (winter) dan Dakar di 2026. Akan menegaskan pentingnya netralitas politik dalam acara olahraga internasional serta otonomi organisasi olahraga,” kata Jokowi dalam akun YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (16/11/2022).

Baca juga: Jokowi Berhasil Satukan SBY dan Megawati Dalam Satu Meja Pada Gala Dinner KTT G20

“Dalam kesempatan ini saya menyampaikan kesiapan dan kesediaan indonesia sebagai tuan rumah Olympics 2036 di Ibu Kota Nusantara,” sambungnya.

Seperti diketahui, sebelumnya Indonesia sudah maju dalam bidding Olimpiade 2032, akan tetapi dalam bidding tersebut Indonesia kalah dari Brisbane, Australia.

Indonesia yang sudah sukses menggelar Asian Games 2018 pun tak menyerah begitu saja. Indonesia kembali maju menawarkan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2036.

Selain Indonesia, negara lainnya yang siap menjadi tuan rumah Olimpiade 2036 yakni Inggris, Turki, Spanyol, Rusia dan Mesir.

“Kita sudah berstatus continuous dialogue di proses bidding, dan kami akan lanjutkan karena format IOC saat ini mengedepankan permanent, ongoing dialogue. Ini dikatakan Presiden IOC Thomas Bach ketika saya bertemu di Olimpiade 2020 Tokyo, menurutnya Indonesia harus tetap melanjutkan proses bidding untuk Olimpiade karena prosesnya masih berjalan,” kata Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari dalam keterangan resminya beberapa waktu lalu terkait bidding Olimpiade 2036.

Baca juga: Wanita yang Mengaku Ditiduri Kapolsek Pinang Iptu M Tapril kini Stres, Ditanya Keluarga Terus

Tanggapan NOC Indonesia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mau Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Tmur ikut pencalonan tuan rumah Olimpiade 2036.

Menanggapi keinginan Jokowi, Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) siap merealisasikan dan menjawab tantangan tersebut.

"Kami menyambut baik arahan Pak Presiden untuk melanjutkan bidding Olimpiade 2036 dengan lokasi di IKN," kata Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari, lewat pernyataannya, Kamis (4/8/2022).

"Kami akan menjalankan tugas tersebut dan bekerja keras agar Indonesia tampil sebagai negara ASEAN pertama yang menjadi tuan rumah Olimpiade," lanjut pria yang karib disapa Okto.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved