Breaking News:

Olimpiade 2036

Indonesia Dicalonkan Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036, Jokowi : Acara Akan Digelar di IKN

Indonesia Dicalonkan Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036, Jokowi: Acara Akan Digelar di IKN

Penulis: Joanita Ary | Editor: Joanita Ary
Dok Sekretariat Presiden
Indonesia Dicalonkan Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036, Jokowi : Acara Akan Digelar di IKN 

WARTAKOTALIVECOM, JAKARTA –  Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan kesediaan Indonesia untuk menjadi tuan rumah ajang olahraga internasional, Olimpiade pada tahun 2036.

Dikutip dari Tribunnews.com menurut Jokowi saat Indonesia berhasil menjadi tuan rumah Olimpiade 2036 maka rangkaian acara akan digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Dalam kesempatan ini, saya menyampaikan kesediaan dan kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah Olympic 2036 di Ibu Kota Nusantara,” kata Jokowi dalam konferensi pers yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (16/11/2022).

Jokowi juga menegaskan bahwa olahraga berperan penting untuk kesehatan hingga pemersatu negara-negara di dunia.

“Saya menekankan pentingnya peran olahraga untuk kesehatan dan dapat mempersatukan dunia terutama pada saat ini,” jelasnya.

Dalam penyelenggaraannya nanti Jokowi menjelaskan bahwa event olahraga ini harus jauh dari unsur politik dalam penyelenggarannya.

“Pentingnya netralitas politik dalam acara olahraga internasional serta otonomi organisasi olahraga,” tegasnya.

Sebagai informasi, tuan rumah Olimpiade dari tahun 2024 hingga 2032 telah diputuskan.

Adapun kota-kota yang akan menggelarnya adalah Paris (2024), Milano-Cortina (2026 saat musim dingin), Los Angeles (2028), dan Brisbane (2032).

Selain itu, gelaran Olimpiade untuk kelompok umur bertajuk Youth Olympic Games juga telah disepakati untuk tuan rumahnya yaitu Gangwon, Korea Selatan (2024 saat musim dingin) dan ibukota Senegal, Dakar (2026).

Tidak hanya Indonesia, pencalonan sebagai tuan rumah Olimpiade 2036 juga dilakukan oleh Meksiko sejak 27 Oktober 2022 lalu dilansir The Guardian.

Selain Meksiko dan Indonesia, ada beberapa negara lain yang juga telah mencalonkan sebagai tuan rumah seperti Spanyol, Mesir, India, Turki, Inggris, dan Korea Selatan dikutip insidethegames.biz.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved