Pilpres 2024

Zulhas Sodorkan Nama Erick Thohir jadi Calon Presiden, Sekjen: Partai Belum Mengambil Keputusan

Walaupun Erick Thohir disebut secara khusus oleh Zulhas, PAN belum bisa memantapkan pilihannya kepada Erick Thohir

Penulis: Alfian Firmansyah | Editor: Feryanto Hadi
Istimewa
Erick Thohir saat berfoto bersama presiden Joko Widodo 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Partai Amanat Nasional (PAN) membuka peluang untuk mengusung Menteri BUMN Erick Thohir, jadi bakal calon presiden pada pemilihan umum 2024 mendatang.

Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN), Eddy Soeparno mengatakan, nama Erick Thohir disebut karena faktor kedekatan.

"Dengan tidak mendahului apa proses internal di partai, Pak Erick Thohir itu termasuk bakal calon yang sering datang ke PAN, dekat dengan PAN, " ucap Eddy di Kantor Pusat Dakwah Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (15/11/2022).

Eddy menyebutkan, bahwa intensitas pertemuan Erick Thohir dengan Ketua umum PAN yaitu Zulhas yang tergolong sering membuat keduanya memiliki kedekatan tersendiri. 

Baca juga: Polarisasi Akan Kembali Terjadi Jika Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo Berhadapan di Pilpres 2024

Baca juga: Sarapan Bareng Anies Baswedan, Gibran Sebut Ingin Belajar Menata Kota hingga Transportasi Umum

Pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan saat silaturahmi Nasional KIB di Hotel Datlon Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan pada Minggu (6/11/2022).
Pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan saat silaturahmi Nasional KIB di Hotel Datlon Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan pada Minggu (6/11/2022). (Istimewa)

"Saya kira karena intensitas, kedekatannya, intensitas pertemuannya itu tinggi sekali ya, iya sangat wajar kalau Pak Erick itu nama yang sangat diingat oleh pak Zulhas, dan mungkin juga diingat oleh pengurus-pengurus PAN lainnya," ucap Eddy. 

Namun, walaupun Erick Thohir disebut secara khusus oleh Zulhas, PAN belum bisa memantapkan pilihannya kepada Erick Thohir

"Menurut saya apa yang disampaikan pak zulhal merupakan refleksi dari hasil program PAN memilih itu, diantaranya mengeluarkan nama salah satunya pak Erick Thohir," ucap Eddy. 

Sementara itu, pada program PAN memilih, Eddy menyampaikan, menghasilkan 9 nama usulan dari kadernya di seluruh wilayah Indonesia untuk diajukan sebagai calon presiden PAN.

"Sembilan nama yang disebut, terdapat nama Anies Baswedan, Ridwan Kamil, Khofifah Indar Parawansa dan juga nama Erick Thohir salah satunya," ujar Eddy. 

Baca juga: Sekjen PAN: Erick Thohir Sangat Diingat oleh Zulhas, Juga Jatuh Cinta dengan Ridwan Kamil

PAN masih bangun komunikasi politik

Partai Amanat Nasional (PAN) sedang membangun komunikasi dengan empat partai politik (parpol) parlemen, agar bergabung dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto mengungkapkan, keempat parpol itu adalah PKS, Partai Demokrat, PDIP, dan PKB.

"PAN terus melakukan komunikasi, ya betul dengan PKS, Demokrat, dengan PDIP."

"Dengan yang lain tetap, dengan PKB tetap,” ungkap Yandri di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (10/11/2022).

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved