Dana Hibah FKUB DKI Jakarta Bakal Dipindahkan dari Badan Kesbangpol ke Biro Dikmental

Pemberian dana hibah Forum Kerukuman Umat Beragama (FKUB) DKI Jakarta bakal dipindari dari Kesbangpol DKI Jakarta ke Biro Dikmental Setda DKI Jakarta.

Kompas.com/Kurnia Sari Aziza
Wakil Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta, Inggard Joshua mengatakan dana hibah untuk FKUB DKI Jakarta bakal dipindari dari Badan Kesbangpol DKI Jakarta ke Biro Dikmental Setda DKI Jakarta. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Pemberian dana hibah untuk Forum Kerukuman Umat Beragama (FKUB) DKI Jakarta bakal dipindari dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) DKI Jakarta ke Biro Pendidikan Mental dan Spiritual (Dikmental) Setda DKI Jakarta.

Realokasi itu telah diusulkan Wakil Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta Inggard Joshua saat rapat Rancangan APBD 2023 di Hotel Grand Cempaka, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor.

“Pembentukan FKUB dilandasi nilai dari unsur keagamaan yang ada. Hal itu ada di Dikmental DKI dan ada di bawah (koordinasi) Komisi E,” kata Inggard pada Selasa (15/11/2022).

Menurut Inggard, lebih tepat anggaran belanja hibah FKUB senilai Rp 7 miliar berada di naungan Biro Dikmental DKI Jakarta. Selain sesuai dengan tugas, pokok dan fungsi (tupoksi), penggunaan anggaran dinilai akan lebih efektif.

Baca juga: Pevita Pearce Latihan Bela Diri dan Koreografi Laga Selama 1,5 Tahun Sebelum Syuting Film Sri Asih

“Jadi sebaiknya diserahkan ke Dikmentar, sehingga seberapa besar jumlah belanja hibah FKUB biarkan Dikmental dan Komisi E yang membahasnya,” ujar Inggard dari Fraksi Gerindra ini.

Kesbangpol DKI Jakarta mengajukan anggaran sekitar Rp 7 miliar dalam Rancangan APBD 2023.

Anggaran itu akan digunakan untuk penysunan program kerja di bidang pendaftaran ormas, pemberdayaan ormas, evaluasi dan mediasi sengketa ormas, pengawasan ormas dan ormas asing di daerah.

Sebelumnya, Kesbangpol mengusulkan anggaran sebesar Rp 10 miliar, yang kemudian jumlahnya berkurang menjadi Rp 7 miliar karena dilakukan pergeseran anggaran untuk Komite Intelijen Daerah (Kominda) DKI Jakarta sebesar Rp 3 miliar.

Baca juga: Mobil Ditemukan, Polisi Sebut Ada Titik Terang Motif Tewasnya Satu Keluarga di Kalideres

Terkait pergeseran anggaran, Inggard mempertimbangkan nomenklatur yang dibentuk bukan berdasarkan organisasi kemasyarakatan tapi dibentuk atas dasar Surat Keputusan Bersama (SKB) dua Menteri yaitu Menteri Agama RI dan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 9 dan Nomor 8 Tahun 2006.

“Jadi itu kewenangannya ada di Asisten Pemerintahan, karena itu menjadi salah satu peserta TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah), sehingga mereka bisa memberikan dan membawa aspirasi dari Komisi A ini ke Asisten Kesmas (Kesejahteraan Masyarakat) yang ada di Komisi E supaya bisa dimasukan kesana,” terang Inggard.

Asisten Pemerintahan Sekda DKI Jakarta Sigit Wijatmiko, bakal menindaklanjuti usulan Komisi A yang melaporkan kepada TAPD.

Dengan begitu, anggaran belanja hibah FKUB bisa direalokasikan ke Biro Dikmental sesuai dengan tupoksi dalam pembinaan keagamaan.

“Izinkan kami, yang menjadi perhatian Komisi A, akan kami masukkan laporannya ke TAPD. Apakah hibah ini bisa digeser ke Biro Dikmental dengan peletakan fungsi. Termasuk pembinaan keagamaan itu, ada di fungsi dan peran Dikmental,” kata Sigit.

Sementara itu Kepala Badan Kesbangpol DKI Jakarta Taufan Bakri menjelaskan, FKUB dibentuk berdasarkan SKB bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri. Dengan demikian, pembinaan FKUB dibawah naungan Badan Kesbangpol.

Namun demikian, Taufan menyatakan siap menindaklanjuti usulan Komisi A tersebut bila berdasarkan SKB bersama Menteri, FKUB bisa bergeser dari Kebangpol ke Biro Dikmental.

“Kalau usulannya seperti itu dari dewan, silakan saja. Kita menunggu keputusan pimpinan yang tertinggi apakah SKB bersama menteri ini bisa digeser nomenklaturnya dari Kesbangpol ke Biro Dikmental. Kami serahkan saja kepada pimpinan yang tertinggi, karena kami hanya pelaksana tugas,” kata Taufan. (faf) 

Baca berita Wartakotalive.com lainnya di Google News.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved