Pemuda hingga Mahasiswa Berikan Bantuan Lahan untuk Puluhan Petani Kota di Duren Sawit

Koordinator Wilayah OMG DKI Jakarta, Abel Thoriq mengatakan, lahan seluas 132 meter persegi tersebut diberikan untuk petani kecil.

Editor: Mohamad Yusuf
Istimewa
Sejumlah pemuda, milenial, hingga mahasiswa yang tergabung dalam jaringan relawan Orang Muda Ganjar (OMG) DKI Jakarta memberikan bantuan lahan pertanian dalam bentuk Green House untuk puluhan petani kota di Kampung Sumur, Duret Sawit Jakarta Timur pada Sabtu (12/11/2022).  

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Sejumlah pemuda, milenial, hingga mahasiswa yang tergabung dalam jaringan relawan Orang Muda Ganjar (OMG) DKI Jakarta memberikan bantuan lahan pertanian dalam bentuk Green House untuk puluhan petani kota di Kampung Sumur, Duret Sawit Jakarta Timur pada Sabtu (12/11/2022). 

Koordinator Wilayah OMG DKI Jakarta, Abel Thoriq mengatakan, lahan seluas 132 meter persegi tersebut diberikan untuk petani kecil yang mayoritas juga bekerja sebagai pemulung di Jakarta.

Baca juga: Petani dan Nelayan Bentuk Organisasi untuk Kembangkan Jejaring Demi Kedaulatan Pangan

Baca juga: Adanya Embung, Sejumlah Petani di Jateng Bisa Panen Padi Hingga Tiga Kali dalam Setahun

Nantinya, lahan tersebut dapat dimanfaatkan para petani untuk menanam berbagai jenis tanaman sayuran maupun buah-buahan. 

"Memberdayaan petani kota diharapkan mampu menjawab tantangan krisis pangan khususnya di daerah perkotaan, khususnya di DKI Jakarta," ujar Abel dalam siaran tertulisnya, Senin (14/11/2022). 

Selain penyerahan lahan, pada kesempatan tersebut para relawan OMG DKI Jakarta menggelar aksi sosial dengan membagikan hasil panen petani yang sudah mereka beli, ke masyarakat sekitar di Duret Sawit.

Sedikitnya 700 paket sayuran dibagikan oleh para relawan.

Bukan hanya untuk membantu para petani di Jakarta, Abel menyebut kegiatan tersebut juga untuk mengkampanyekan pertanian yang bebas pestisida.

Baca juga: Mal ke Mal: Buah dan Sayur Olahan Petani Dipamerkan di Dmall Depok

Baca juga: Petani Milenial Diyakini Dapat Wujudkan Kedaulatan Pangan di Jateng

Sebab, operasional pertanian di green house yang diberikan para relawan OMG akan terbebas dari pestisida.

Sehingga panen yang dihasilkan menjadi lebih aman untuk dikonsumsi. 

"Hasil pertanian nantinya juga sebagian kita bagikan kepada masyarakat sekitar. Kita harap kegiatan pemberdayaan petani kita ini juga ada di kota-kota lain, selain di Jakarta," ujarnya. 

Lebih lanjut, Abel menjelaskan, kegiatan yang dilakukan para relawan ini merupakan representasi dari sosok yang mereka kagumi, yakni Ganjar Pranowo.

Ganjar, disebut Abel, merupakan pemimpin yang sangat peduli pada sektor pertanian. 

"Sosok Pak Ganjar sendiri seperti kita tahu sangat fokus pada pertanian. Dia sering kasih bantuan ke para petani. Misal saat kenaikan BBM kemarin, Pak Ganjar memberikan insentif bantuan untuk para petani yang terdampak," kata Abel. 

Untuk diketahui, ini menjadi aksi kedua yang dilakukan OMG DKI Jakarta untuk membantu petani kota.

Sebelumnya, aksi serupa juga dilakukan di wilayah Kembangan, Jakarta Barat.

"Ke depannya, kami akan terus melakukan pemberdayaan petani kota di wilayah lainnya di Jakarta. Kita sudah berdiskusi dengan para perwakilan petani, dan menargetkan aksi ini akan dilakukan di 25 titik di berbagai wilayah di Jakarta," pungkasnya.

Sumber: Warta Kota
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved