Berita Internasional

Pelaku Bom Turki Ditangkap, Pemerintah Ungkap Motif Teror di Istanbul

Menteri Dalam Negeri Turkiye Tur Suleyman Soylu mengatakan orang yang menanam bom di Jalan Istiklal Istanbul telah ditangkap.

Penulis: Desy Selviany | Editor: Desy Selviany

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Pihak Turki mengungkapkan pelaku bom yang meledak di Jalan Istiklal Istanbul. Menteri Dalam Negeri Turkiye Tur Suleyman Soylu mengatakan orang yang menanam bom di Jalan Istiklal Istanbul telah ditangkap.

Dia mengatakan hal tersebut kepada kantor berita Turkiye Anadolu pada Senin (14/11/2022).

Dikutip dari Kompas.com, terkait asal usul pelaku, Soylu menuduh Partai Buruh Kurdistan (PKK) sebagai penyebab serangan bom yang menewaskan sedikitnya enam orang di pusat perbelanjaan Istanbul tersebut.

"Menurut temuan kami, organisasi teroris PKK bertanggung jawab," kata Soylu, mengumumkan penangkapan seorang tersangka yang dituduh menanam bom.

Diberitakan Kantor berita AFP, Presiden Turkite Recep Tayyip Erdogan dan Wakil Presiden Turkiye, Fuat Oktay sebelumnya mengatakan bahwa seorang perempuan bertanggung jawab atas ledakan bom di Istanbul.

Sementara itu Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan enam orang tewas dalam peristiwa ini.

Baca juga: Ledakan di Pusat Perbelanjaan Turki Membuat Panik Turis dan Pejalan Kaki

Berbicara sebelum berangkat menuju Pulau Bali dalam rangka menghadiri KTT G-20 di Indonesia, Erdogan mengatakan ledakan itu serangan berbahaya dan pelakunya akan dihukum.

Dikutip dari Tribunnews.com, Erdogan menerima informasi terbaru dari Gubernur Istanbul, ada 53 orang lainnya terluka ringan hingga berat.

Sebelumnya ledakan mengguncang Jalan Istiklal Avenue yang populer di Istanbul, Turki. Data awal korban tewas ada empat orang dan luka-luka 38 orang.

Gubernur Istanbul Ali Yerlikaya mengumumkan jumlah korban tewas di Twitter dan mengatakan ledakan itu terjadi sekitar pukul 16.20 (13.20 GMT), Minggu (13/11/2022).

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved