Dubes Terpesona Karimun Jawa, Kerja Sama Investasi Jawa Tengah dengan Republik Ceko Diperkuat

Pada kesempatan itu, Daniel dilantik menggantikan Hermawan Kertajaya. Daniel merupakan sosok yang lama berkiprah sebagai pengusaha dan juga politisi.

Editor: Ahmad Sabran
HO
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menghadiri acara serah terima jabatan Konsulat Kehormatan Republik Ceko Semarang di Hotel Padma Semarang, Jumat (11/11/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA- Konsulat Kehormatan Republik Ceko di Semarang, Daniel Budi Setiawan mengatakan, Duta Besar Republik Ceko untuk Indonesia berkunjung ke destinasi wisata unggulan Jawa Tengah, yakni Karimun Jawa.

"Dan beliau mengatakan tempat itu sangat luar biasa. Fantastis. Maka beliau ingin menjalin kerja sama di bidang pariwisata dengan Jateng," jelas Daniel dalam acara serah terima jabatan di Hotel Padma Semarang, Jumat (11/11/2022).

Pada kesempatan itu, Daniel dilantik menggantikan Hermawan Kertajaya. Daniel merupakan sosok yang lama berkiprah sebagai pengusaha dan juga politisi.

Keindahan alam serta keseriusan pengelolaan, membuat Pemerintah Republik Ceko tertarik menjalin kerjasama pada sektor pariwisata Jawa Tengah.

Di samping itu, pihaknya juga tertarik membangun kerja sama di beberapa sektor lainnya, seperti ekonomi, kesehatan, budaya, dan pendidikan.

Ia mencatat lebih dari 40.000 turis Ceko datang ke Bali setiap tahunnya. Dengan kerja sama itu, diharapkan wisata Jateng akan semakin berkembang.

Baca juga: VIDEO Ganjar Pranowo Ancam Pecat Guru Yang Rundung Siswi SMA di Sragen

"Jadi tempat wisata eksotis di Jateng seperti Karimunjawa, Borobudur, dan lainnya itu bisa menjadi jujugan mereka," imbuhnya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, menyebut potensi kerja sama Jawa Tengah dan Ceko di semakin terbuka lebar, khususnya pada sektor investasi. Sebab titik-titik investasi di Jawa Tengah telah bertambah banyak dan membuat banyak perusahaan dari dalam dan luar negeri berdatangan untuk berinvestasi.

"Kita perlu mencari dan menggali pasar-pasar baru, saya kira Ceko Republik menjadi satu bagian yang penting. Dari DPMPTSP itu sudah punya titik-titik potensial investasi, tinggal kita tawarkan kepada mereka," kata Ganjar dalam keterangannya.

Iklim investasi di Jawa Tengah juga terus berjalan kondusif dibawah kepemimpinan Ganjar. Terlebih terlaksananya program Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dengan baik dan tak ada pungli investasi di Jawa Tengah semakin menarik minat investor untuk berbisnis.

Oleh sebab itu, kepada Konsul Kehormatan Ceko yang baru Ganjar menitipkan agar mampu mempertahankan iklim investasi yang kondusif. Ganjar juga mendorong adanya terobosan-terobosan agar investor dari Ceko berdatangan ke Jawa Tengah.

"Dalam situasi seperti ini saja kita masih banyak tamu untuk investasi. Maka saya tekankan, kalau kondusivitasnya terjaga, hubungan industrinya terjaga itu sudah pasti investor akan berdatangan ke sini," ujar Ganjar.

 

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemerintah Ceko Lirik Wisata Jateng, Ganjar Sambut Baik Potensi Kerja Sama"

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved