Berita Jakarta

Berikan Efek Jera, Ratusan Pelanggar IMB di Jakarta Selatan Akan Jalani Sidang Yustisi

Setelah pemberkasan, para pelanggar IMB akan diadili dalam sidang yustisi di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada 25 November mendatang.

Editor: Feryanto Hadi
ist
Kepala Seksi Penindakan Ruang dan Bangunan Suku Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan (Citata) Jakarta Selatan Bonar Ambarita di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Senin (14/11/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA-- Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan memanggil 300 pelanggar Izin Mendirikan Bangunan (IMB) untuk diadili dalam sidang yustisi pelanggaran pemanfaatan ruang dan bangunan tahun 2022.

Sebelum disidangkan, pelaku pelangar IMB ini akan menjalani pemberkasan yustisi yang digelar serempak di 10 kantor kecamatan mulai 16-18 November 2022.

"Tahun ini sekitar 300 pelanggar yang kita panggil untuk pemberkasan sidang yustisi. Kita berharap semua yang diundang hadir saat pemberkasan" kata Kepala Seksi Penindakan Ruang dan Bangunan Suku Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan (Citata) Jakarta Selatan Bonar Ambarita di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Senin (14/11/2022).

Bonar mengatakan, mereka yang dipanggil adalah pelaku penyelenggara bangunan rumah tinggal dan non rumah tinggal yang terkena serangkaian proses penindakan karena membangun tidak sesuai izin maupun tanpa IMB.

Baca juga: Komisi D DPRD Tegaskan Jika Ada Pembangunan Melanggar IMB Langsung Dibongkar

Pemberkasan dilakukan oleh petugas Suku Dinas Citata kecamatan sesuai lokasi bangunan yang melanggar IMB.

"Pemberkasan yustisi mulai Selasa hingga Kamis di kantor kecamatan masing-masing, " ujarnya.

Bonar menerangkan, setelah pemberkasan, para pelanggar IMB akan diadili dalam sidang yustisi di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada 25 November mendatang.

Adapun besaran sanksi denda terhadap pelanggar IMB, lanjut Bonar, diputuskan oleh hakim di persidangan yustisi nanti.

"Besaran sanksi denda itu putusan hakim, ini sebagai efek jera terhadap pelaku pelanggar IMB, " tandas Bonar.

Pelanggar IMB di Jakarta Utara juga jalani sidang

Suku Dinas (Sudin) Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan Jakarta Utara memanggil ratusan orang para pelanggar izin mendirikan bangunan (IMB), Rabu (9/11/2022).

Setidaknya 300 orang hadir menjalani Pemberkasan Yustisi Pelanggaran Pemanfaatan Ruang dan Bangunan Tahun 2022 di lantai 2 Balai Yos Sudarso.

Pada acara tersebut, ratusan pelanggar IMB  diberikan arahan dari Pemkot Jakarta Utara dalam hal ini Sudin Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan.

Selanjutnya, mereka dipanggil ke meja konsultasi dengan perwakilan Suku Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan Jakarta Utara dalam meja yang sudah disiapkan.

Baca juga: Sudah Ada Pengisian Bakar Listrik Tenaga Surya di TOD Dukuh Atas, Begini Cara Pakainya

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved