Harapan Ditlantas Polda Metro Jaya Tunggu Hibah 30 Kamera E-TLE Mobile dari Pemprov DKI Jakarta

Ditlantas Polda Metro Jaya sekarang ini sedang mengajukan 30 kamera E-TLE Mobile kepada Pemprov DKI Jakarta yang diharapkan dapat segera terwujud.

Penulis: Ramadhan L Q | Editor: Junianto Hamonangan
WartaKota/Ramadhan LQ
Kasi Laka Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Edy Purwanto mengatakan, pihaknya telah mengajukan 30 kamera E-TLE Mobile ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. 

WARTAKOTALIVE.COM, MAMPANG PRAPATAN - Kasi Laka Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Edy Purwanto mengatakan, pihaknya telah mengajukan 30 kamera E-TLE Mobile ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Ia mengatakan, Ditlantas Polda Metro Jaya menyerahkan ke Pemprov DKI Jakarta apakah pengajuan itu terealisasi atau tidak.

"Kalau yang 30 unit ini saat ini masih tahap pengajuan ya. Semoga terealisasi juga," ujar Edy, Jumat (11/11/2022).

Di sisi lain, Edy menuturkan bahwa sebanyak 10 kamera E-TLE Mobile telah terealisasi dan yang sudah siap baru satu unit.

Baca juga: HEBOH Kabar Perselingkuhan Kasatlantas dan Istri Kapolres, Digerebek Propam di Kamar Hotel

Nantinya, 10 kamera E-TLE itu akan diluncurkan pada Hari Ulang Tahun (HUT) Polda Metro Jaya pada 6 Desember 2022 mendatang.

"Yang baru tahap perangkaian yaitu ada 9 (unit). Insya Allah nanti pada saat hari ulang tahun Polda Metro Jaya tanggal 6 Desember akan launching terkait dengan E-TLE Mobile," tuturnya.

"10 daripada kendaraan E-TLE tersebut nanti akan disebar, yang pertama di Satker Ditlantas khususnya di PJR, patwal, gatur dan gakkum. Terus yang lima nanti ada di satwil jajaran atau satlantas jajaran," sambung dia.

Sebelumnya diberitakan, Kasi Laka Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Edy Purwanto menjelaskan soal akselerasi kemampuan kamera electronic traffic law enforcement (ETLE) yang ada saat ini.

Baca juga: VIDEO Tetangga Ceritakan Kehidupan Semasih Hidup Empat Mayat yang Ditemukan di Citra Garden

Edy mengatakan akselerasi kemampuan kamera ETLE saat ini, yakni belum dapat melakukan penilangan terhadap pengendara yang tidak menggunakan helm.

Selain itu, ia menuturkan bahwa ETLE belum dapat menilang kendaraan yang kelebihan kapasitas penumpang.

"Tentu halnya setiap sistem pasti ada kelemahan, ada beberapa pelanggaran yang mungkin tidak bisa tercapture oleh kamera ETLE," kata dia, kepada wartawan pada Jumat (11/11/2022).

Pemeriksaan kelengkapan surat-surat berkendara terhadap pengendara, ujar Edy, tidak dapat dilakukan dengan tilang elektronik.

"Jadi terkait pelanggaran apakah tidak punya SIM, terus kedapatan tidak membawa SIM atau STNK tentu itu tidak tercapture atau tidak bisa diambil tindakan pelanggaran lalu lintas oleh ETLE," ujarnya.

Baca juga: Tidak Punya Ongkos Pulang, Korban Binomo Indra Kenz Menginap di PN Tangerang Hingga Sidang Putusan

"Kemudian persyaratan teknis kendaraan bermotor seperti knalpot bising. Tentu untuk mengetahui pelanggaran knalpot ini harus diukur juga. Nah dari kamera ETLE tidak bisa terpantau atau tercapture," sambung Edy.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved