Bus Transjakarta

Layanan Transjakarta Belum Sempurna, Kepala Dishub DKI Jakarta: Sabar Semua Bertahap!

Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo meminta masyarakat sabar terkait layanan bus Transjakarta. Sebab saat ini bertahap berbenah diri.

warta kota/leonardus wical
Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan manajemen PT Transjakarta tengah brupaya keras memperbaiki layanan, sesuai rekomendasi KNKT. Namun, semua dilakukan secara bertahap. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengaku sebagian dari 15 rekomendasi Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) telah dilaksanakan oleh PT Transportasi Jakarta (Transjakarta).

"Tentu dari 15 rekomendasi KNKT sebagian besar sudah dieksekusi, setelah rekomendasi dituntaskan memang belum langsung terlihat hasilnya," ujar Syafrin saat ditemui di Lapangan Buperta Cibubur, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (9/11/2022).

Syafrin membeberkan, ada beberapa yang sudah dilakukan oleh Transjakarta, yaitu perbaikan proses kelaikan bus sebelum beroperasi.

Kemudian yang sudah dilaksanakan, sebelum pramudi dinyatakan siap operasi akan dilakukan semacam pengecekan kesehatan dan lain sebagainya. 

"Jadi secara keseluruhan dan bertahap, dari 15 rekomendasi tadi ada yang jangan pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Itu tahapan yang terus dilakukan," ucap Syafrin.

Syafrin mengaku pihaknya secara rutin melakukan monitoring terhadap pencapaian 15 rekomendasi tersebut.

Ia menjelaskan, baru saja kemarin pada Selasa (9/11/2022), Dishub DKI Jakarta bertemu dengan Dishub DKI Jakarta.

Baca juga: Viral Penumpang Bus Transjakarta Histeris Saat Terjebak di Tengah Perlintasan Kereta Api Halimun

Lebih lanjut Syafrin membeberkan pertemuan tersebut untuk melihat progress atau perkembangan terkait dengan pemenuhan standar pelayanan minimum.

"Standar pelayanan minimum yang dimaksud ya termasuk rekomendasi-rekomendasi dari KNKT," kata Syafrin.

Diberitakan sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono angkat suara terkait beberapa kasus kecelakaan yang menyeret bus Transjakarta.

"Ya harus ada standarisasi pramudi yang sama untuk pengemudi Transjakarta dan operatornya," ujar Heru saat ditemui di Balai Kota DKI Jakarta, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, pada Selasa (8/11/2022).

Baca juga: Transjakarta Raih Penghargaan Kemenkes, Berhasil Memastikan Fasilitasnya Bebas Rokok

Sementara itu, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) pun telah mengeluarkan rekomendasi keselamatan kepada Transjakarta.

Namun sampai sejauh ini, KNKT merasa gemas karena Transjakarta belum menerapkan rekomendasi tersebut.

"Ya memang itu harus diterapkan. Kami dorong Transjakarta untuk menerapkan," ucap Heru.

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved