Berita Bogor

Bima Arya Sambut Kepulangan Atlet Lari Trail yang Berlaga di Chiang Mai Thailand

Bima Arya mengaku bangga atas capaian yang diraih kontingen Indonesia berhasil menduduki posisi kedua atas tuan rumah. 

Warta Kota/Yolanda Putri Dewanti
Ketua Umum Asosiasi Lari Trail Indonesia (ALTI) yang juga Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menyambut kepulangan kontingen Indonesia usai berlaga di ajang kejuaraan lari trail dunia yang berlangsung di Chiang Mai, Thailand, pada 3-6 November 2022. Pertemuan berlangsung di Balai Kota Bogor, Rabu (9/11/2022) 

Laporan wartawan wartakotalive.com, Yolanda Putri Dewanti

WARTAKOTALIVE.COM BOGOR -- Ketua Umum Asosiasi Lari Trail Indonesia (ALTI) yang juga Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menyambut kepulangan kontingen Indonesia usai berlaga di ajang kejuaraan lari trail dunia yang berlangsung di Chiang Mai, Thailand, pada 3-6 November 2022.

Dalam sambutannya, Bima mengaku bangga atas capaian yang diraih kontingen Indonesia berhasil menduduki posisi kedua atas tuan rumah. 

"Ini kejuaraan dunia pertama yang diikuti oleh kami dan hasilnya sangat membanggakan, dari segi capaian waktu kami berada diperingkat baik nomor dua setelah Thailand di Asean. Bisa dikatakan ALTI sudah mendunia artinya negara-negara lain mengetahui bahwa aktivitas lari trail di Indonesia sangat aktif," ucap Bima di Balai Kota Bogor, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Rabu (9/11/2022).

Pria kelahiran tahun 1972 ini juga menuturkan dengan pertama kalinya Indonesia mengikuti ajang tersebut, ia akan berusaha mengakselerasikan prestasi-prestasi atlet-atlet trail lainnya.

Baca juga: VIDEO Kisah Gaby Lari Maraton di Enam Kota di Negara Berbeda, Raih Medali Six Stars 

"Bagi kami ini akan bisa mempercepat lagi prestasi lagi atlet-atlet lari trail, karena sudah naik standar dunia sudah ada pengalaman sudah ada atlet-atlet yang tingkatnya baik," ucapnya.

Ke depan, Bima akan menambah atlet-atlet lari trail untuk mengikuti kejuaraan-kejuaraan bertaraf internasional.

"Agar tahun depan tetap ikut serta dan bahkan targetnya lebih baik lagi, jadi ada proses. Nanti kami untuk seleksi nasional (seleknas) mengikuti kejuaraan dunia di awal tahun. Lalu, kembali mengirim dengan jumlah yang lebih banyak dari kemarin di tengah waktu yang sangat terbatas," jelasnya.

"Tahun ini kami hanya bisa mengirimkan empat atlet, mudah-mudahan tahun depan lebih banyak lagi. Agar dapat menginspirasi yang lain, bahwa kalau mengikuti lari trail kemudian puncaknya di kejuaraan nasional (kejurnas) maka akan bisa mengikuti juara dunia," tambah Bima.

Bima menyebut potensi Indonesia menjadi tuan rumah kejuaraan internasional lari trail cukup besar.

"Saya kira sangat mungkin dengan potensi yang ada, dengan alam yg ada, organisasi dan jaringan serta dukungan pemerintah kami bisa menjadi tuan rumah kejuaraan dunia tahun 2025. Jadi kami akan mengajukan diri bahwa tahun depan nanti kami akan bahas di rapat pengurus pusat ALTI," papar dia.

Baca juga: Lomba Lari dan Kampanye #AsSweetAsYourLips Kolaborasi Manis Vaseline dan Bittersweet by Najla

Bima berharap dengan keberhasilan atlet lari trail Indonesia dapat menginspirasi atlet-atlet lainnya untuk menorehkan prestasi.

"Semoga dapat memotivasi atlet-atket lari trail yang lainnya. Bukan saja sifatnya senang-senang, tetapi juga mengejar prestasi ditingkat regional dan nasional," tutup dia.

Diketahui, keempat atlet tersebut untuk kategori 80 kilometer yaitu Risqi Dwi Kurniawan 9:17:39 dan Ruth Teresia 13:00:45.

Sedangkan untuk kategori 40 kilometer, Putra Ade 4:37:44 dan Siti Nuraini 5:38:37.

Mereka adalah pemenang di kejurnas Palu Juli 2022 dan sekaligus mewakili Indonesia di kejuaraan lari trail dunia di Chiang Mai, Thailand, pada 3-6 November 2022.

Baca juga: Atlet Lari Meninggal saat Lomba, Keluarga Terima Santunan BPJS Ketenagakerjaan

 Adapun 59 negara yang turut hadir di ajang tersebut dan diikuti 1.200 peserta atlet lari trail di dunia. (m27)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved