Warta Bisnis

PT Pindad dan IDST Segera Bangun Pabrik Amunisi di Malang, Ditargetkan Selesai pada 2023

Penandatanganan Head of Agreement antara IDTS dan Pindad dilakukan saat berlangsungnya kegiatan Indo Defence

Editor: Feryanto Hadi
ist
PT Indonesian Defense and Security Technologies (IDST) dan PT Pindad (Persero) menandatangani Head of Agreement mengenai rencana pembangunan Pabrik Amunisi pada Jumat (4/11), bertempat di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA-- PT Indonesian Defense and Security Technologies (IDST) dan PT Pindad (Persero) sepakat membangun kerja sama dengan menandatangani Head of Agreement mengenai rencana pembangunan Pabrik Amunisi pada Jumat (4/11), bertempat di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Head of Agreement ditandatangani langsung oleh Direktur Utama PT Pindad (Persero), Abraham Mose dan Chief Executive Office (CEO) PT IDST, Emrah Dundar. 

Diungkapkan Ruwadi, selaku VP Business Operation PT IDST, penandatanganan Head of Agreement ini adalah bentuk komitmen dan kontribusi nyata IDST dalam mendukung kemandirian Indonesia dalam mengembangkan industri pertahanan dalam negeri. 

"Selanjutnya, PT Pindad dan PT IDST akan menyiapkan proposal kerja sama yang terdiri dari aspek ekonomi, bisnis, hukum dan lingkungan terhadap rencana pembangunan pabrik amunisi yang akan dibangun di Malang, Jawa Timur, dan ditargetkan rampung pembangunannya pada pertengahan tahun 2023," kata Ruwadi, Senin (7/11/2022).

Baca juga: Litbang Kemenhan dan Eltran Resmi Luncurkan Motor Listrik Militer Karya Anak Bangsa

PT Pindad (Persero) merupakan perusahaan yang bergerak dibidang industri pertahanan, berdiri sejak 1983 berstatus Anggota Holding BUMN Industri Pertahanan (DEFEND ID).

Beberapa kebutuhan pertahanan yang diproduksi PT Pindad (Persero) seperti Senjata, Munisi, Kendaraan Khusus, Alat Berat, Peralatan Industri dan Jasa, Infrastruktur Perhubungan, Layanan Pertambangan, dan Cyber Security.

"PT IDST sendiri berkomitmen menjadi kontributor dan mitra terbaik pemerintah dalam menyediakan alat-alat sistem pertahanan negara seperti Anti-Drone, ballistic material, persenjataan, dan teknologi pesawat tanpa awak," ujarnya.

Penandatanganan Head of Agreement dilakukan saat berlangsungnya kegiatan Indo Defence yang dilaksanakan langsung oleh Kementerian Pertahanan RI dengan menghadirkan 905 industri pertahanan dari 59 negara.

Selama empat hari gelaran Indo Defence dilaksanakan, tercatat sebanyak 30 ribu pengunjung yang datang

Baca juga: VIDEO : KSAD Jenderal Dudung Abdurachman Uji Senjata Sebelum Diadu di Lomba AARM 30/2022

KPU akan borong Maung produksi Pindad

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sedang mengkaji pengadaan mobil dobel gardan (4x4) untuk suplai logistik Pemilu 2024.

Rencananya KPU RI hendak membeli kendaraan taktis (rantis) Maung produksi PT Pindad pada tahun anggaran 2023 mendatang untuk mengangkut logistik. 

Sekretaris Jenderal KPU RI Bernard Dermawan Sutrisno menjelaskan, bahwa mobil kendaraan tersebut bisa membawa 90 kotak suara sekali jalan ke daerah terpencil.

Baca juga: 2019 Pakai Gerobak Sapi, KPU Bakal Antar Surat dan Kotak Suara Pemilu 2024 Pakai Maung Pindad

"Maung Pindad custom itu memiliki bak dengan volume panjang 3 meter x lebar 1,6 meter x tinggi 1,15 meter," ujar Bernard, Kamis (27/10/2022).

Bernard mengatakan, berdasarkan pengalaman pada Pemilu 2019, mengantarkan kotak suara ke daerah terpencil membutuhkan ekstra tenaga dengan menggunakan gerobak sapi. 

Baca juga: Tak Cuma Maung Pindad, KPU Juga Niat Beli Helikopter dan Speed Boat untuk Distribusi Logistik Pemilu

"Surat suara dan kotak suara, untuk kawasan tertentu, sulit terjangkau dengan kendaraan biasa," ucap Bernard. 

Bernard juga menyebutkan, dengan kapasitas 90 kotak suara, maka satu kendaraan Maung Pindad cukup untuk mendistribusikan logistik Pemilu 2024 ke 18 tempat pemungutan suara (TPS). 

"Dengan asumsi 1 TPS ada 5 kotak suara, maka perkiraan ada 18 lokasi TPS bisa didistribusikan dengan Maung sekali jalan," ucap Bernard. Alfian Firmansya

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved