Berita Nasional

Pertemuan Firli Bahuri-Lukas Enembe Tuai Kontroversi, Ketum Partai Mahasiswa: Masalahnya Dimana?

Menurut Partai Mahasiswa, apa yang dilakukan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri tidak sama sekali melanggar aturan Undang-undang

Editor: Feryanto Hadi
ISTIMEWA
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menyambangi rumah Gubernur Papua Lukas Enembe. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA--Sejumlah pihak mengkritik pertemuan Ketua KPK Firli Bahuri dengan Gubernur Papua Lukas Enembe.

Salah satu kritik datang dari Mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Yudi Purnomo Harahap.

Yudi menilai, pertemuan itu bisa dipersepsikan sebagai mengistimewakan pihak yang berperkara.

Kata Yudi, seharusnya pihak KPK cukup diwakili oleh tim penyidik saja.

Apabila diperlukan atasan, cukup didampingi direktur penyidikan.

Di sisi lain, Ketua Umum Partai Mahasiswa Indonesia (PMI) Eko Pratama turut mengomentari persoalan kontroversi yang muncul di tubuh lembaga antirasuah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), setelah ketua KPK menemui tersangka dugaan kasus korupsi Lukas Enembe beberapa hari yang lalu di jayapura.

Menurutnya, apa yang dilakukan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri tidak sama sekali melanggar aturan perundang-undangan. 

Baca juga: Firli Bahuri Temui Lukas Enembe di Papua, KPK Bilang Dasar Hukumnya Pasal 113 KUHAP

"Pimpinan Lembaga Penegak Hukum, menemui orang yang sedang berperkara, dalam kapasitas sebagai pimpinan yang memimpin penyidikan dan pertemuan tersebut dilakukan secara terbuka dan informasinya kemudian disampaikan ke publik, ini salahnya di mana? Dan apa yang sebenarnya dipersoalkan?," kata Eko melalui keterangan tertulis, Senin (7/11/2022)

Eko Pratama menyatakan dukungan dengan langkah Firli temui Lukas Enembe dalam rangka penegakan hukum. Dirinya memastikan langkah Ketua KPK tersebut bukan dorongan kepentingan politik apapun tapi murni penegakan hukum.

"Kami menilai apa yang dilakukan oleh ketua KPK Firli Bahuri adalah bagian dari upaya penegakan hukum, selagi dalam konteks menjalankan tugas penyidikan kami rasa itu bukan persoalan. Dan kami mendukung apapun upaya Komisi Pemberantasa Korupsi (KPK) dalam menegakkan kasus yang sedang di tangani saat ini," tandas eko

Baca juga: Bekas Penyidik KPK Nilai Firli Bahuri Temui Lukas Enembe Bisa Dipersepsikan Perlakuan Istimewa

Karena itu Eko mengajak semua pihak terus mengawasi kinerja lembaga rasuah. Mendukung segala upaya KPK untuk melenyapkan korupsi dari Indonesia.

"Terakhir kami mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk tidak berprasangka buruk atas segala upaya yang di lakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dan harusnya kita mendukung segala bentuk upaya penegakan hukum yang sedang di tempuh," tandas Eko. 

Tanggapan Dewas KPK

Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Dewas KPK) tidak mempermasalahkan pertemuan Ketua KPK Firli Bahuri dengan Gubernur Papua Lukas Enembe.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved