Kuliner

Wajib Coba, Ini Daftar Kulineran Khas Daerah Favorit Ganjar Pranowo dari Penjuru Nusantara

Berikut rekomendasi kuliner unik atau jajanan khas daerah versi Ganjar Pranowo dari penjuru nusantara.

istimewa
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sedang menikmati kuliner Nasi Jamblang khas Cirebon, Jawa Barat saat kunjungan dinasnya ke Cirebon beberapa waktu lalu. 

WARTAKOTALIVE.COM, SEMARANG - Ganjar Pranowo dikenal dengan hobi kulineran di berbagai daerah yanng pernah dikunjungi.

Dalam kunjungan dinasnya, Ganjar Pranowo kerap mampir sekaligus sowan untuk menikmati kuliner khas daerah. Adapun kuliner khas Jawa Tengah yang pernah Ganjar cicipi yakni lontong tetel asli Wonosobo dan bebek minggat dari Brebes.

Tak sekadar untuk mencicipi saja, Ganjar Pranowo juga menjadikan kunjungan ke warung atau tempat makan sebagai bentuk apresiasi terhadap si empunya.

Sekaligus untuk mengenalkan tempat kuliner khas daerah atau jajanan di daerah tersebut agar diketahui banyak orang sehingga laris manis. Ganjar juga kerap mengunjungi UMKM yang menjajakan makanan unik  di berbagai daerah.

Berikut merupakan rekomendasi kuliner unik atau jajanan khas daerah versi Ganjar Pranowo dari penjuru nusantara.

1. Barongko di Pasar Mamuju, Sulawesi Barat

Barongko menjadi salah satu makanan favorit Ganjar Pranowo ketika berkunjung ke Sulawesi. Di kesempatan yang sama saat mengunjungi warga Jawa Tengah yang merantau ke Mamuju, Sulawesi Barat, Ganjar Pranowo mengaku sangat menikmati barongko.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sedang menyantap makanan Barongko
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sedang menyantap makanan Barongko khas Mamuju, Sulawesi Barat.

Ketika itu, ia bersama Siti Atikoh mencoba sarapan di pasar tradisional yang terletak di Mamuju. Saat berada di warung, Ganjar memesan nasi kuning lengkap dengan lauk ikan asin dan urap. Namun pandangannya tertuju pada barongko yang banyak dijajakan di pasar. Ganjar dengan lahap menikmati barongko satu demi satu.

Kudapan bercita rasa manis tersebut menjadi salah satu makanan yang dirindukan oleh Ganjar Pranowo. Maka ketika berada di tanah asal Barongko, Ganjar tak menyia-nyiakan untuk menikmatinya. Barongko biasa dinikmati untuk menjadi teman ngopi atau minum teh.

2. Nasi Campur Khas Bali

Sebagai orang Jawa, Ganjar Pranowo sudah terbiasa menikmati kuliner nasi ayam. Namun kali ini, ketika pergi ke Pulau Bali, Ganjar Pranowo mengunjungi sebuah warung makan legendaris yang  terletak di Jalan Segara Ayu, Sanur, Kota Denpasar. Nama warung tersebut yakni Warung Nasi Ayam Bu Weti atau dikenal juga Nasi Bali Men Weti.

Warung tersebut terletak di pinggir jalan dengan ukuran yang kecil. Namun siapa sangka, warung tersebut begitu melegenda sehingga ramai oleh pembeli.

Salah satunya yakni Ganjar Pranowo yang datang ke warung tersebut. Pasalnya, cita rasa nasi campur khas Bali dari warung tersebut sudah tersohor sejak lama. Diketahui jika warung nasi Bu Weti sudah ada sejak 1970.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sedang menyantap Nasi Campur Khas Bali
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sedang menyantap Nasi Campur Khas Bali.

Bersama Siti Atikoh, Ganjar Pranowo juga menikmati olahan nasi campur Bu Weti. Menurut Ganjar, tak ke Bali rasanya jika tak mencoba nasi campur Bu Weti. Seperti namanya nasi campur terdiri dari nasi yang disatukan dengan berbagai macam lauk.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved