Bulu Tangkis

Kabar Duka, Tokoh Bulu Tangkis Indonesia Justian Suhandinata Meninggal Dunia

Justian Suhandinata meninggal pada usia 75 tahun di Rumah Sakit Bumrungrad, Bangkok Thailand, Jumat (4/11/2022), pukul 21.25 WIB.

Editor: Rendy Renuki
Instagram/PBSI
Tokoh bulu tangkis Indonesia dan dunia, Justian Suhandinata meninggal pada usia 75 tahun di Rumah Sakit Bumrungrad, Bangkok Thailand, Jumat (4/11/2022), pukul 21.25 WIB. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Kabar duka menyelimuti dunia bulu tangkis Indonesia. Salah satu tokoh bulu tangkis Indonesia, Justian Suhandinata, meninggal dunia.

Kabar duka tersebut disampaikan Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Indonesia (PP PBSI) lewat akun Instagram resminya.

Justian Suhandinata meninggal pada usia 75 tahun di Rumah Sakit Bumrungrad, Bangkok Thailand, Jumat (4/11/2022), pukul 21.25 WIB.

Sosk Justian merupakan salah satu tokoh berdedikasi tinggi terhadap pembinaan dan prestasi olahraga bulu tangkis di Indonesia dan dunia.

Atas dedikasinya tersebut, Justian memperoleh gelar kehormatan sebagai satu-satunya orang Indonesia yang mendapatkan penghargaan Honorary Life Vice President dari Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF).

Penghargaan ini diserahkan dalam forum AGM BWF pada 20 Mei 2017 di Gold Coast, Australia.

Ketua Umum PP PBSI Agung Firman Sampurna, ikut mengucapkan duka cita yang mendalam atas berpulangnya tokoh bulu tangkis nasional dan internasional tersebut.

Meninggalnya Justian membuat dunia bulu tangkis kehilangan salah satu tokoh berdedikasi tinggi.

"Kami ikut berduka cita atas berpulangnya tokoh bulu tangkis nasional dan internasional, Bapak Justian Suhandinata. Dunia bulu tangkis Indonesia tentu kehilangan dengan kepergian tokoh yang mendedikasikan hidupnya hanya untuk kemajuan bulu tangkis Indonesia dan dunia," kata Agung.

"Banyak jasa dan prestasi beliau untuk kemajuan prestasi bulu tangkis Indonesia. Bahkan hingga akhir hayatnya, Pak Justian masih berkiprah sebagai Dewan Penasihat PP PBSI 2020-2024."

"Mewakili PBSI dan insan bulu tangkis Indonesia, sekali lagi saya mengucapkan rasa duka cita dan terima kasih atas dedikasi dan pengabdian Pak Justian hingga akhir hayat," lanjut Agung.

Selama berkecimpung di bulu tangkis, Justian pada 2008 sukses menggolkan nama Suhandinata Cup untuk diperebutkan sebagai trofi kejuaraan bulu tangkis beregu campuran junior atau BWF World Junior Mixed Team Championship.

Suhandinata, adalah ayah Justian, tokoh yang bersama Sudirman mempersatukan organisasi bulu tangkis yang sempat terpecah dengan menjadi organisasi BWF di Tokyo 1981.

Baca juga: Atletnya Juara di Denmark, Pengkot PBSI Jakarta Selatan: Upaya Kecil untuk Pembinaan Bulu Tangkis

Justian pula yang menginisiasi digelarnya Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Junior Perseorangan yang cikal bakalnya dengan menggelar Invitasi Bulutangkis Dunia Junior Bimantara (BWJBI) di Jakarta tahun 1986.

Ajang internasional ini akhirnya sejak 1992 menjadi event. resmi BWF yang dipertandingkan saban tahun hingga kini.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved