Piala Dunia U20 2023

PSSI Tegaskan Enam Venue Piala Dunia U-20 2023 Steril, Termasuk Stadion Utama Gelora Bung Karno

Stadion GBK, Gelora Sriwijaya Jakabaring, Stadion Si Jalak Harupat, Stadion Manahan, Stadion Kapten I Wayan Dipta akan digunakan untuk PD U-20 2023.

Tribunnews/Alfarizy AF
Sekjen PSSI, Yunus Nusi, beri keterangan ke awak media di sela-sela jeda rapat dengan pemilik klub Liga 1 dan PT LIB, Jumat (4/11/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menegaskan perihal penggunaan enam venue yang akan digunakan sebagai perhelatan Piala Dunia (PD) U-20 2023 yang akan digelar pada 2 Mei-11 Juni 2023.

Enam stadion yang akan digunakan adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Stadion Si Jalak Harupat, Stadion Manahan, Stadion Kapten I Wayan Dipta.

Hal itu dikatakan oleh Sekjen PSSI, Yunus Nusi, saat ditemui saat jeda rapat dengan pemilik klub Liga 1 dan PT LIB, Jumat (4/11/2022).

"Aturannya demikian, karena mau dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20. Enam stadion buat Piala Dunia U-20 jelas tidak diperuntukan untuk kegiatan lain, termasuk Timnas dan GBK juga," kata Yunus Nusi.

Baca juga: Digunakan untuk Piala Dunia U-20, SUGBK.Tidak Dizinkan untuk Konser Blackpink

Baca juga: Yunus Nusi Sebut Kick-Off Arema vs Persebaya Berdasarkan Kesepakatan Kepolisian, Panpel, dan PT LIB

Baca juga: Tragedi Kanjuruhan, PSSI Pastikan Status Indonesia sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023 Aman

Yunus Nusi berujar bahwa keenam stadion itu tak bisa dipakai apa pun mulai November ini, termasuk untuk kandang Timnas Indonesia di Piala AFF Desember mendatang.

Yunus Nusi menyebut, enam stadion itu juga sedang dalam tahap renovasi atau penyempurnaan oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Pemerintah Daerah.

"Sejak November ini, sementara proses perbaikan penyempurnaan oleh PUPR dan provinsi/kabupaten/ kota. Termasuk klub liga 1 juga tak bisa memakai. Fokus pembenahan persiapan Piala Dunia U-20 2023," jelas Yunus Nusi.

BERITA VIDEO: Kondisi Terkini Mantan PM Pakista Imran Khan Usai Ditembak Oleh Pria Bersenjata

"Untuk yang lapangan enam stadion Piala Dunia, kesepakatan bersama PUPR, PSSI, dan Kemenpora, pemerintah kabupaten/kota beberapa waktu lalu sudah ada kesepatan bersama. Jadi tanpa harus ke Setneg (sekretariat negara) juga sudah tidak bisa digunakan," tutur Yunus Nusi.

Diberitakan sebelumnya, SUGBK akan menjadi lokasi konser girlband asal Korea Selatan, Blackpink yang akan digelar 11-12 Maret mendatang.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali juga sudah memastikan SUGBK tak akan bisa dipakai untuk konser tersebut.

“Pastinya tidak boleh (Blackpink di GBK-red). Jadi semua Stadion yang sudah terdaftar di FIFA dan itu sudah disetujui oleh FIFA. Bulan November akan mulai renovasi,” kata Zainudin di Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta, Rabu (2/11/2022).

“Bagi yang sudah selesai (renovasi) itu tidak diizinkan dipergunakan untuk kegiatan-kegiatan lain. Itu clear betul. GBK itu kan punya negara, tinggal ngomong ke Mensesneg,” ujar Zainudin.

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved