Karate

Ketum PB FORKI Buka Kick Off Kejuaraan Karate Hantaru 2022

Kejuaraan karate Hantaru 2022 diikuti 87 karateka dari perguruan Shokaido dan Gojukai di lingkungan Kementerian ATR/BPN.

Editor: Rendy Renuki
Istimewa
Kejuaraan karate Hantaru 2022 diikuti 87 karateka dari perguruan Shokaido dan Gojukai di lingkungan Kementerian ATR/BPN. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Ketua Umum Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (PB FORKI) Hadi Tjahjanto membuka kick off kejuaraan karate Hantaru 2022, Kamis (3/11/2022).

Kejuaraan yang menjadi event tahunan ini diikuti 87 karateka dari perguruan Shokaido dan Gojukai.

Diharapkan, event internal karate Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) ini bisa melahirkan karateka yang siap dikirim ke ajang nasional dan internasional.

"Kami menyambut gembira kemajuan cabang olahraga karate di Lingkungan Kementerian ATR/BPN," kata Hadi Tjahjanto yang juga merupakan Menteri ART/BPN di Aula Lantai 7, Gedung Kementerian ATR/BPN, Kamis (3/11/2022).

"Tentunya tujuan dari diadakan olahraga karate ini mencari bibit unggul di lingkungan ATR/BPN yang nantinya bisa dimasukan ke ajang pertandingan yang lebih tinggi lagi baik di tingkat nasional maupun internasional,” sambungnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pertandingan Karate Hantaru 2022 Harison Mocodompis menambahkan, kejuaraan ini memperlombakan 16 nomor kategori kumite (tarung) dan kata (peragaan jurus), baik perorangan maupun beregu.

"Kelompok usia yang dipertandingkan ada dua, usia 30 tahun dan di atas 30 tahun. "Untuk distribusi medali sifatnya akan bergilir Piala Hantaru," tutur Harison.

Sejauh ini, Harison menyampaikan dojo yang sudah terbentuk baru di tiga lokasi, yaitu kantor pusat Kementerian ATR/BPN, Kanwil DKI dan Banten. Karena itulah, kebanyakan atlet yang tampil berasal dari daerah ini.

"Namun juga ada atlet dari Jawa Barat, Sulawesi Selatan dan Kalimantan Tengah. Mereka berlatihnya secara mandiri karena belum memiliki dojo," terang Harison yang juga Kepala BPN Tangerang Selatan.

Kejuaraan Karate Hantaru 2022 ini merupakan edisi kedua, yang sebelumnya telah digelar sebelum pandemi Covid-19.

"Ternyata berkembang juga di Kanwil DKI dan Banten. Di Jabar, ternyata juga banyak atlet, tapi belum ada dojo (tempat latihan)," ujar Penanggungjawab Hantaru 2022, RB Agus Widjayanto.

"Di Sulsel juga ada. Ke depan, di wilayah lain yang sudah ada karateka tetapi belum ada naungan dojo, mungkin kita targetkan membentuk dojo dulu," lanjutnya.

Baca juga: Genjot Prestasi Nasional dan Internasional, 146 Atlet Ikuti Silatnas Khusin Ryu Karate Indonesia

Mengenai siapa pelatih yang akan mendidik atlet di dojo lingkup Kementerian ATR/BPN dan Kanwil, diambilkan dari pelatih berpengalaman dari beberapa perguruan, seperti Shokaido dan Gojukai.

"Kami tidak memilah-milah dari mana pelatihnya. Di Pusat Shokaido, utara gojukai, Tangsel Shokaido," tutupnya.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved