Teknologi

Kenali Aspek Penting Hingga Manfaat dan Cara Kerja Tanda Tangan Elektronik untuk Ekspansi Bisnis

Ini dia aspek penting hingga manfaat dan cara kerja tanda tangan elektronik untuk ekspansi bisnis.

https://mekarisign.com/fitur/tanda-tangan-elektronik/
Kenali aspek penting, manfaat utama dan cara kerja tanda tangan elektronik untuk ekspansi bisnis. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Penggunaan tanda tangan sudah tidak bisa dilepaskan dari keseharian kita. Bagaimana tidak, tanda tangan memiliki berbagai fungsi penting bagi kita semua seperti untuk membuktikan identitas, menjaga integritas suatu surat atau dokumen, atau untuk melakukan koreksi pada suatu surat atau dokumen sebagai bukti disetujuinya perubahan tersebut.

Lalu, seiring dengan perkembangan teknologi, tanda tangan pun ikut mengalami perkembangan dan transformasi. Transformasi dari tanda tangan ini hadir dalam bentuk tanda tangan elektronik

Aspek penting dalam tanda tangan elektronik

Tanda tangan elektronik adalah teknik matematika yang digunakan untuk memvalidasi keaslian dan integritas pesan, perangkat lunak, atau dokumen digital.

Tanda tangan elektronik sering dianggap sebagai versi digital dari tanda tangan tulisan tangan atau stempel, tetapi tanda tangan elektronik menawarkan keamanan yang jauh lebih melekat.

Tanda tangan elektronik dimaksudkan untuk memecahkan masalah gangguan dan peniruan identitas dalam komunikasi digital.

Secara umum, tanda tangan elektronik dapat memberikan bukti asal, identitas dan status dokumen elektronik, transaksi atau pesan digital.

Penandatangan juga dapat menggunakan tanda tangan elektronik untuk mengakui persetujuan berdasarkan informasi.

Di banyak negara, termasuk Indonesia, tanda tangan elektronik dalam beberapa kesempatan dianggap mengikat secara hukum dengan cara yang sama seperti tanda tangan dokumen tulisan tangan tradisional.

Cara kerja tanda tangan elektronik

Sebenarnya, cara kerja tanda tangan elektronik didasarkan pada kriptografi kunci publik, juga dikenal sebagai kriptografi asimetris.

Menggunakan algoritma kunci publik, seperti RSA (Rivest-Shamir-Adleman), dua kunci dihasilkan, menciptakan sepasang kunci yang terhubung secara matematis, satu pribadi dan satu publik.

Tanda tangan elektronik bekerja melalui dua kunci kriptografi kunci publik yang saling mengautentikasi.

Individu yang membuat tanda tangan elektronik menggunakan kunci pribadi untuk mengenkripsi data terkait tanda tangan, sedangkan satu-satunya cara untuk mendekripsi data tersebut adalah dengan kunci publik penandatangan.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved