Fenomena Alam

Ilmuwan Prediksi Badai Besar Ruang Angkasa Bisa Buat Kiamat Internet di Bumi

Dunia terancam mengalami gangguan internet bertahun-tahun karena badai besar ruang angkasa yang diprediksi terjadi 1000 tahun sekali.

Penulis: Desy Selviany | Editor: Desy Selviany

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Dunia terancam mengalami gangguan internet bertahun-tahun karena badai besar ruang angkasa yang diprediksi terjadi 1000 tahun sekali. 

Prediksi badai besar ruang angkasa ini diungkapkan sekelompok ilmuwan.

Dilansir dari Daily Star Sabtu (29/10/2022) badai besar di ruang angkasa itu bisa memicu kiamat di dunia internet dalam beberapa dekade mendatang. 

Insiden ini diperkirakan akan menyebabkan gangguan online sebulan atau bahkan selama setahun dengan merusak satelit dan saluran listrik, kata para ilmuwan.

Ilmuwan dari Universitas Queensland di Australia Dr. Benjamin Pope mengatakan dari data yang tersedia ada sekitar satu persen peluang untuk melihat badai lain dalam beberapa dekade mendatang. 

Namun, para ilmuwan tidak tahu bagaimana memprediksi kapan tepatnya badai tersebut terjadi. Para ilmuwan masih melakukan penelitian lebih lanjut terkait dengan badai tersebut. 

Baca juga: Virgin Orbit Gagal Uji Coba Pertama Peluncuran Roket Ruang Angkasa Menggunakan Pesawat Jumbo

Tim ilmuwan menggunakan lapisan pada batang kayu untuk memprediksi fenomena seperti itu. 

Letusan besar radiasi kosmik yang dikenal sebagai peristiwa Miyake terjadi sekitar setiap 1.000 tahun.

Meski begitu, hingga kini penyebab badai besar ruang angkasa itu tidak jelas. Teori utama badai besar luar angkasa terjadi karena letusan besar matahari.

Ilmuwan masih mencari tahu seluk beluk badai ruang angkasa itu. Namun yang pasti, badai luar angkasa itu diprediksi bisa menghancurkan teknologi termasuk satelit, kabel internet, saluran listrik jarak jauh dan transformator.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved