Puskesmas Kronjo Gaungkan Semangat Anti Gratifikasi Kepada Seluruh Petugas

Faskes BPJS Kesehatan, Puskesmas Kronjo menerapkan konsep manajemen risiko pencegahan kecurangan dalam meningkatkan mutu layanan JKN.

dok. BPJS Kesehatan Cabang Tigaraksa
Kepala Puskesmas Kronjo dr. Udin Suprayogi membangun budaya anti gratifikasi kepada seluruh petugasnya. 

WARTAKOTALIVE.COM, TIGARAKSA – Fasilitas Kesehatan (Faskes) sebagai mitra kerja BPJS Kesehatan membangun komitmen bersama dalam mewujudkan optimalisasi penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Salah satu faskes di wilayah Kabupaten Tangerang, Puskesmas Kronjo, menerapkan konsep manajemen risiko pencegahan kecurangan dalam meningkatkan mutu layanan JKN.

Selaku Kepala Puskesmas Kronjo dr. Udin Suprayogi membangun budaya anti gratifikasi kepada seluruh petugasnya.

“Potensi-potensi kecurangan akan selalu ada di suatu organisasi. Namun, saya berupaya di Puskesmas Kronjo tidak melakukan maupun menerima gratifikasi. Sebagai contoh, di Puskesmas Kronjo saya mengubah sistem dengan menerapkan proses verifikasi data hanya melalui satu pintu. Hal tersebut guna memastikan tidak adanya peluang terhadap tindak kecurangan,” ujar Udin Kamis, (27/10/2022) lalu.

Selain itu, Udin menjelaskan bahwa Puskesmas Kronjo sangat selektif dalam menjalankan proses pelayanan Program JKN.

Proses pelayanan hanya dapat dilakukan oleh peserta atau keluarga inti yang mewakili dan kader yang ditetapkan secara resmi oleh Kepala Desa.

Ia memastikan agar seluruh yang bertugas di Puskesmas Kronjo menerapkan budaya anti gratifikasi dengan menanamkan nilai kejujuran, integritas dan selalu merasa cukup.

Begitu juga hubungan yang dibangun antara Puskesmas Kronjo dengan BPJS Kesehatan Cabang Tigaraksa dilakukan secara jujur dan profesional.

"Kami menjalankan amanat dalam melayani peserta JKN sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Tidak ada benturan kepentingan dalam Program JKN ini. BPJS Kesehatan tidak henti-hentinya memberikan pengarahan kepada seluruh faskes yang bermitra untuk membangun integritas dan menerapkan sistem pencegahan kecurangan,” pungkas Udin.

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved